Cara Menghitung Hari Selamatan Orang Meninggal

Selamatan orang meninggal merupakan kebudayaan Jawa yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, bahkan sejak ajaran agama belom masuk. Dan karna ini merupakan adat istiadat Jawa, tata caranya hampir gak bisa ditemukan dalam ajaran agama apapun. Lalu kenapa umat dari beberapa agama ikut melaksanakannya? Karna dalam setiap agama gak pernah mengajarkan tentang pemaksaan kehendak. Dan akhirnya beberapa agama tersebut masuk ke Jawa melalui kebudayaan, bukan menghilangkan kebudayaan tapi mengawinkan kebudayaan dengan ajaran agama, salah satunya melalui kebudayaan selamatan orang meninggal ini. Contoh nyatanya, selamatan orang meninggal yang dilakukan tetaplah sama tata cara dan ubo rampenya, tapi hanya bacaan do'anya aja yang berbeda di tiap agama.

Kebudayaan selamatan orang yang sudah meninggal dilakukan sebanyak 8 kali terhitung sejak orang tersebut meninggal. Tujuan singkatnya adalah untuk mengantarkan langkah orang mati tersebut dalam perjalanannya menuju kesempurnaan baik jiwa maupun raganya.
  1. Geblag atau selamatan setelah pemakaman. Ada juga yang menyebutnya Ngesur / Nyaur Tanah. Cara menentukannya dengan rumus jisarji dan harus dilaksanakan saat itu juga
  2. Nelung dina atau selamatan setelah tiga hari kematian, cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran nelung dina digunakan rumus lusarlu, yaitu hari ketiga dan pasaran ketiga. Tujuannya untuk menyempurnakan nafsu yang ada dalam jasad manusia yang berasal dari bumi, api, air dan angin.
  3. Mitung dina atau selamatan setelah tujuh hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mitung dina digunakan tusaro, yaitu hari ke ketujuh dan pasaran kedua. Tujuannya untuk menyempurnakan kulit dan rambutnya.
  4. Matangpuluh dina atau selamatan setelah 40 hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran matangpuluh dina digunakan rumus masarma, yaitu hari kelima dan pasaran kelima. Tujuannya untuk menyempurnakan anggota tubuh yang merupakan titipan dari kedua orang tua, yaitu ; darah, daging, sungsum, tulang dan otot.
  5. Nyatus dina atau selamatan setelah 100 hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan bari dan pasaran digunakan rumus perbitungan bari rosarma, yaitu hari kedua dan pasaran kelima. Tujuannya untuk menyempurnakan badan / jasadnya.
  6. Mendhak sepisan atau selamatan setelah satu tahun kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mendhak pisan digunakan rumus patsarpat yaitu hari keempat dan pasaran keempat. Tujuannya merupakan selamatan telah sempurnanya kulit daging dan semua isi perut.
  7. Mendhak pindho atau selamatan setelah dua tahun kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mendhak pindho digunakan rumus rosarpat, yaitu hari kesatu dan pasaran ketiga. Tujuannya merupakan selamatan setelah sempurnanya semua anggota badan selain tulangnya.
  8. Nyewu atau selamatan setelah seribu hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran seribu hari (nyewu) digunakan rumus nemsarma yaitu hari keenam dan pasaran kelima. Tujuannya selamatan itu, karena telah sempurnanya jasad manusia termasuk bau dan rasanya. Sehingga manusia yang meninggal itu telah menyatu dengan tanah yang merupakan asal muasalnya.
Sebelom penghitungan hari dimulai, perhatiin dulu 2 tabel hari di bawah ini yang merupakan tabel hari dan pasaran serta rumus untuk perhitungan hari selamatannya :


Sekarang ambil satu kasus, orang yang meninggal pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2014 pada jam 18.10 (Maghrib). Karna pada jam 18.10 matahari sudah terbenam, maka hari kematiannya terhitung jatuh pada hari Senin Wage. Karna menurut perhitungan hari adat Jawa, pergantian hari terjadi pada saat matahari terbenam.

Pertama kita tentuin dulu hari selamatannya pake rumus yang di atas. Untuk contoh kasus di atas, bisa dilihat contoh perhitungannya pada tabel di bawah ini :


Kalo merasa ribet dengan itung²an di atas, bisa juga pake tabel di bawah ini. Gampang banget kok caranya, tinggal cari hari dan pasarannya di kolom "Meninggal" trus catet hari selamatannya yang sebaris dengan hari dan pasaran meninggalnya. Sekali lagi yang perlu diingat adalah pergantian hari dalam adat Jawa adalah saat terbenamnya matahari (Maghrib / Surup), kalo udah Maghrib berarti udah ganti hari.

Meninggal 3
Hari
7
Hari
40
Hari
100
Hari
1
Tahun
2
Tahun
1000
Hari
Jum'at
Kliwon
Minggu
Paing
Kamis
Legi
Selasa
Wage
Sabtu
Wage
Senin
Pon
Sabtu
Pon
Rabu
Wage
Sabtu
Legi
Senin
Pon
Jum'at
Paing
Rabu
Kliwon
Minggu
Kliwon
Selasa
Wage
Minggu
Wage
Kamis
Kliwon
Minggu
Paing
Selasa
Wage
Sabtu
Pon
Kamis
Legi
Senin
Legi
Rabu
Kliwon
Senin
Kliwon
Jum'at
Legi
Senin
Pon
Rabu
Kliwon
Minggu
Wage
Jum'at
Paing
Selasa
Paing
Kamis
Legi
Selasa
Legi
Sabtu
Paing
Selasa
Wage
Kamis
Legi
Senin
Kliwon
Sabtu
Pon
Rabu
Pon
Jum'at
Paing
Rabu
Paing
Minggu
Pon
Rabu
Kliwon
Jum'at
Paing
Selasa
Legi
Minggu
Wage
Kamis
Wage
Sabtu
Pon
Kamis
Pon
Senin
Wage
Kamis
Legi
Sabtu
Pon
Rabu
Paing
Senin
Kliwon
Jum'at
Kliwon
Minggu
Wage
Jum'at
Wage
Selasa
Kliwon
Jum'at
Paing
Minggu
Wage
Kamis
Pon
Selasa
Legi
Sabtu
Legi
Senin
Kliwon
Sabtu
Kliwon
Rabu
Legi
Sabtu
Pon
Senin
Kliwon
Jum'at
Wage
Rabu
Paing
Minggu
Paing
Selasa
Legi
Minggu
Legi
Kamis
Paing
Minggu
Wage
Selasa
Legi
Sabtu
Kliwon
Kamis
Pon
Senin
Pon
Rabu
Paing
Senin
Paing
Jum'at
Pon
Senin
Kliwon
Rabu
Paing
Minggu
Legi
Jum'at
Wage
Selasa
Wage
Kamis
Pon
Selasa
Pon
Sabtu
Wage
Selasa
Legi
Kamis
Pon
Senin
Paing
Sabtu
Kliwon
Rabu
Kliwon
Jum'at
Wage
Rabu
Wage
Minggu
Kliwon
Rabu
Paing
Jum'at
Wage
Selasa
Pon
Minggu
Legi
Kamis
Legi
Sabtu
Kliwon
Kamis
Kliwon
Senin
Legi
Kamis
Pon
Sabtu
Kliwon
Rabu
Wage
Senin
Paing
Jum'at
Paing
Minggu
Legi
Jum'at
Legi
Selasa
Paing
Jum'at
Wage
Minggu
Legi
Kamis
Kliwon
Selasa
Pon
Sabtu
Pon
Senin
Paing
Sabtu
Paing
Rabu
Pon
Sabtu
Kliwon
Senin
Paing
Jum'at
Legi
Rabu
Wage
Minggu
Wage
Selasa
Pon
Minggu
Pon
Kamis
Wage
Minggu
Legi
Selasa
Pon
Sabtu
Paing
Kamis
Kliwon
Senin
Kliwon
Rabu
Wage
Senin
Wage
Jum'at
Kliwon
Senin
Paing
Rabu
Wage
Minggu
Pon
Jum'at
Legi
Selasa
Legi
Kamis
Kliwon
Selasa
Kliwon
Sabtu
Legi
Selasa
Pon
Kamis
Kliwon
Senin
Wage
Sabtu
Paing
Rabu
Paing
Jum'at
Legi
Rabu
Legi
Minggu
Paing
Rabu
Wage
Jum'at
Legi
Selasa
Kliwon
Minggu
Pon
Kamis
Pon
Sabtu
Paing
Kamis
Paing
Senin
Pon
Kamis
Kliwon
Sabtu
Paing
Rabu
Legi
Senin
Wage
Jum'at
Wage
Minggu
Pon
Jum'at
Pon
Selasa
Wage
Jum'at
Legi
Minggu
Pon
Kamis
Paing
Selasa
Kliwon
Sabtu
Kliwon
Senin
Wage
Sabtu
Wage
Rabu
Kliwon
Sabtu
Paing
Senin
Wage
Jum'at
Pon
Rabu
Legi
Minggu
Legi
Selasa
Kliwon
Minggu
Kliwon
Kamis
Legi
Minggu
Pon
Selasa
Kliwon
Sabtu
Wage
Kamis
Paing
Senin
Paing
Rabu
Legi
Senin
Legi
Jum'at
Paing
Senin
Wage
Rabu
Legi
Minggu
Kliwon
Jum'at
Pon
Selasa
Pon
Kamis
Paing
Selasa
Paing
Sabtu
Pon
Selasa
Kliwon
Kamis
Paing
Senin
Legi
Sabtu
Wage
Rabu
Wage
Jum'at
Pon
Rabu
Pon
Minggu
Wage
Rabu
Legi
Jum'at
Pon
Selasa
Paing
Minggu
Kliwon
Kamis
Kliwon
Sabtu
Wage
Kamis
Wage
Senin
Kliwon
Kamis
Paing
Sabtu
Wage
Rabu
Pon
Senin
Legi
Jum'at
Legi
Minggu
Kliwon
Jum'at
Kliwon
Selasa
Legi
Jum'at
Pon
Minggu
Kliwon
Kamis
Wage
Selasa
Paing
Sabtu
Paing
Senin
Legi
Sabtu
Legi
Rabu
Paing
Sabtu
Wage
Senin
Legi
Jum'at
Kliwon
Rabu
Pon
Minggu
Pon
Selasa
Paing
Minggu
Paing
Kamis
Pon
Minggu
Kliwon
Selasa
Paing
Sabtu
Legi
Kamis
Wage
Senin
Wage
Rabu
Pon
Senin
Pon
Jum'at
Wage
Senin
Legi
Rabu
Pon
Minggu
Paing
Jum'at
Kliwon
Selasa
Kliwon
Kamis
Wage
Selasa
Wage
Sabtu
Kliwon
Selasa
Paing
Kamis
Wage
Senin
Pon
Sabtu
Legi
Rabu
Legi
Jum'at
Kliwon
Rabu
Kliwon
Minggu
Legi
Rabu
Pon
Jum'at
Kliwon
Selasa
Wage
Minggu
Paing
Kamis
Paing
Sabtu
Legi
Kamis
Legi
Senin
Paing
Kamis
Wage
Sabtu
Legi
Rabu
Kliwon
Senin
Pon
Jum'at
Pon
Minggu
Paing
Jum'at
Paing
Selasa
Pon

Hari dan pasaran udah dapet, tinggal nentuin tanggal masehinya biar gampang bikin catetannya hari dan pasaran selamatannya dulu.

Meninggal3
Hari
7
Hari
40
Hari
100
Hari
1
Tahun
2
Tahun
1000
Hari
Senin
Wage
Rabu
Legi
Minggu
Kliwon
Jum'at
Pon
Selasa
Pon
Kamis
Paing
Selasa
Paing
Sabtu
Pon

Contoh kasusnya masih sama, meninggal pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2014 pada jam 18.10 (Maghrib). Karna pada jam 18.10 matahari sudah terbenam, maka hari kematiannya terhitung (Jawa) jatuh pada hari Senin Wage 24 Februari 2014. Untuk menentukan tanggal masehinya bisa dipake rumus di bawah ini :


Untuk 40, 100, dan 1000 hari pake salah satu rumus yang ada. Yang penting hasil penjumlahan tanggalnya gak membuat bulan meninggalnya berubah, setelah itu baru pake rumus bulannya. Contohnya perhitungan untuk kasus di atas bisa dilihat pada tabel di bawah ini :
 
Nah, perhitungan hari dan tanggal selamatan orang meninggal udah selesai dan tinggal di rangkum hasilnya.


Selesai sudah perhitungan hari selamatanya, tinggal di print dan di berikan ke sodara² agar bisa saling ngingetin. O iya, berhubung ada perbedaan antara kalender Masehi dan kalender Jawa, kadang hasilnya kurang pas antara hari & pasaran dengan tanggal Masehinya. Jadi ada baiknya di cek lagi tanggal Masehinya apakah udah pas dengan hari dan pasarannya apa belom. Masih bingung karna belom punya kalender taon depan atau 2 taon mendatang, langsung aja cek di kalenderjawa.com atau kalenderindonesiaonline.blogspot.com

Masih puyeng juga dengan rumus itung²an di atas? Nih biar lebih gampang, langsung aja download software penghitung hari selamatan orang meninggal di sini atau di sini.

Dari yang paling ribet sampe yang paling gampang udah aku tulis di atas. Semoga bisa membantu orang² yang kesulitan dalam menghitung hari selamatan orang tuanya yang udah meninggal.



Loading...

100 komentar :

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Mas Bagus, selamatan 1000 hari kok lebih dulu dari 2 tahun. Tahunnya kayaknya harus dikoreksi deh.

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim : makasih atas koreksinya.. sekarang udah dibenerin :)

Unknown mengatakan... Balas Komentar

wualahhh, saya masih tetep mumet mass, tolong dihitungin, ayah saya meninggal tanggal 13 Juni 2012, jam 15:00, kapan 1000 hari nya yaa.? matur suwunn

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Unknown : Tanggal 13 Juni 2012 jam 15.00 jatuh pada hari Rabu dengan pasaran Pon.

1000 harinya jatuh pada hari Senin dengan pasaran Pahing, tanggal 9 Maret 2015. Berarti selamatannya dilakukan tanggal 8 Maret 2015 hari Minggu Legi.

Anonim mengatakan... Balas Komentar

wong orang meninggal kok diselameti... mbok didoakan to mas....

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim : Di kalangan orang Jawa, disebut "slametan" yang kalo di artikan dalam Bahasa Indonesia itu (sebenernya) "Peringatan". Bertujuan untuk memperingati / mengenang meninggalnya seseorang. Isi dari acaranya itu adalah mendoakan / mengirim doa untuk arwah orang yang sudah meninggal tersebut.

Tapi di kalangan orang banyak, Bahasa Indonesia nya jadi "Selamatan" karna Bahasa Jawa nya "Slametan".

Dee Yuana mengatakan... Balas Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Dee Yuana mengatakan... Balas Komentar

Saya masih bingung utk ngitung 1000 harinya.tlg itungin aja ya mas plus pke rumus yg mna biar saya mngerti.nenek saya mninggal hari slasa kliwon 1 januari 2013.bls ya...thanks..

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Dee Yuana : Meninggal Selasa Kliwon 1 Januari 2013

1000 harinya jatuh pada hari Minggu Wage 27 Oktober 2015

Semoga membantu :)

Hendra Adhan mengatakan... Balas Komentar

mas. tolong hitungkan slametan Ayah saya. meninggal 11 november 2014. mulai dari 7 hari an sampe 100 hari ya mas. tolong.matur suwun

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Hendra Adhan :
Meninggal : Selasa Wage, 11 November 2014

7 hari : Senin Kliwon, 17 November 2014
40 hari : Sabtu Pon, 20 Desember 2014
100 hari : Rabu Pon, 19 Februari 2015

Itu kalo meninggalnya sebelom matahari terbenam. Kalo meninggal setelah matahari terbenam, hari dan tanggalnya dimundurin sehari mas. Karna di dalam kalender Jawa, pergantian harinya bukan jam 12 malem tapi saat matahari terbenam.

Ika Novika mengatakan... Balas Komentar

Mas...nenek saya meninggal tgl 22 Januari 2014 mau maghrib. Bisa dihitungkan utk setahun dan nyewunya mas? Makasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Ika Novika : Meninggal : Rabu Legi, 22 januari 2014

1 Tahun : Sabtu Wage, 10 Januari 2015
1000 Hari : Senin Kliwon, 17 Oktober 2016

Iwan Ibanez mengatakan... Balas Komentar

Mas bisa minta tolong hitungkan 1000 hari bapak saya...meninggal tanggal 18 februari 2014 setelah mahgrib

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Iwan Ibanez : Berhubung meninggalnya setelah Maghrib jadi harinya udah masuk Rabu Wage.

1000 harinya jatuh pada hari Senin Pon 14 November 2016

pur wanto mengatakan... Balas Komentar

Mas klo mnnggale jumat legi tgl 1juni 2012 slemetn $ewune jatuh di hari dan tl berapa trmz

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@pur wanto : Meninggal 1 Juni 2012, kalo masuk Jum'at Legi berarti meninggalnya sebelum Maghrib.

Jadi 1000 harinya jatuh pada hari Rabu Kliwon 25 Februari 2015.

Hari Subekti mengatakan... Balas Komentar

Mas Bhagoezt untuk memperingati 2 tahun meninggal tgl 25 Februari 2013 jatuh pada hari apa ya.
Terima kasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Hari Subekti : kalo meninggalnya sebelom maghrib, 25 Februari 2013 bertepatan dengan tanggal 13 Bakdamulud 1946 (penanggalan Jawa). Jadi 2 tahunnya 13 Bakdamulud 1948, betepatan dengan tanggal masehi 3 Februari 2015 (Selasa Pon)

kalo meninggalnya setelah maghrib, 25 Februari 2013 bertepatan dengan tanggal 14 Bakdamulud 1946 (penanggalan Jawa). Jadi 2 tahunnya 14 Bakdamulud 1948, betepatan dengan tanggal masehi 4 Februari 2015 (Rabu Wage)

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Mas...bpak ku meninggal tgl 07 Januari 2015 pagi hari. Tulung itungin dong mas..40 hari nya pas nya kapan. Msh bingung ni. Pdahal tinggal menghitung hari lg ni. Thenkyuuu mas

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim : sekalian aja ya mas / mbak :)

40 - minggu kliwon - 15 februari 2015
100 - kamis kliwon - 16 april 2015
1th - sabtu wage - 26 desember 2015
2th - kamis wage - 15 desember 2016
1000 - senin kliwon - 6 November 2017

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Mas anak sy meninggalnya tgl 21 desember 2014...minta tolong klo1thn, 2 thn ama 1000 harinya kapan ya mas...trmksh

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim : kalo meninggalnya antara jam 00.00 - 18.00 :
hari meninggal : Minggu Wage
1 Tahun : Rabu Pahing, 9 Desember 2015
2 Tahun : Senin Pahing, 28 November 2016
1000 hari : Jum'at Pon, 15 September 2017

kalo meninggalnya antara jam 18.00 - 24.00 :
hari meninggal : Senin Kliwon
1 Tahun : Kamis Pon, 10 Desember 2015
2 Tahun : Selasa Pon, 29 November 2016
1000 hari : Sabtu Wage, 16 September 2017

untuk selamatannya dilakukan H-1

Anonim mengatakan... Balas Komentar

mas tolong hitung 1000 hri nya ayah saya.meninggal 22 oktober 2012
maturnuwun

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim : 22 Oktober 2012

Jika meninggal antara jam 00.00 - 17.59 berarti meninggal pada hari Senin Wage dan 1000 harinya jatuh pada hari Sabtu Pon tanggal 18 Juli 2015. Selamatannya Jum'at Pahing 17 Juli 2015

Jika meninggal antara jam 18.00 - 00.00 berarti meninggal pada hari Selasa Kliwon dan 1000 harinya jatuh pada hari Minggu Wage tanggal 19 Juli 2016. Selamatannya Sabtu Pon 18 Juli 2015

Anonim mengatakan... Balas Komentar

maturnuwun kang

Edy Setya mengatakan... Balas Komentar

Mas tolong dihitungkan ayah saya meningal.pada tgl.17 desember 2014,kapan ya 100 harinya?
Makasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Edy Setya :

maaf baru sempet buka...

kalo meninggalnya sebelum maghrib, hari meninggalnya jatuh pada Rabu Kliwon 17 Desember 2014
100 hari : Kamis Wage, 26 Maret 2015
1 th : Sabtu Pon, 5 Desember 2015
2 th : Kamis Pon, 24 November 2016
1000 hr : Senin Wage, 11 September 2017


kalo meninggalnya setelah maghrib, hari meninggalnya jatuh pada hari Kamis Legi 18 Desember 2014
100 hari : Jum'at Kliwon, 27 Maret 2015
1 th : Minggu Wage, 6 Desember 2015
2 th : Jum'at Wage, 25 November 2016
1000 hr : Selasa Kliwon, 12 September 2017

Drs. Kardiyono mengatakan... Balas Komentar

Nyuwun tulung mas ibu saya meninggal tgl 3 maret 2015 jam 16.00 ...berapa selamatan 40 harinya ya trimakasih

Fitzgerald Geert Everly Rorimpandey mengatakan... Balas Komentar

Nyuwun sewu mas.. Kalo 1 mei 2012, 1000harinya tgl brapa ya?

devita fatikhasari mengatakan... Balas Komentar

Nyuwon tlg klo mngglnya 23 sept 2012 ahad kliwon 1000 hr nya kpn

devita fatikhasari mengatakan... Balas Komentar

Nyuwon tlg klo mngglnya 23 sept 2012 ahad kliwon 1000 hr nya kpn

agus budiono mengatakan... Balas Komentar

Mas tlg dihitungkan ibu sy meninggal kamis pon jam 5 sore tgl 28 feb 2013 seribu harinya kapan yaa.matur suwun

agus budiono mengatakan... Balas Komentar

Mas tlg dihitungkan ibu sy meninggal kamis pon jam 5 sore tgl 28 feb 2013 seribu harinya kapan yaa.matur suwun

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Drs. Kardiyono : Maaf, karna keterbatasan koneksi internet baru bisa balas sekarang. Karna 40hari dan 100harinya sudah lewat, sebagai gantinya saya hitung 1th, 2th, dan 1000harinya.
1th -- jum'at wage -- 19 Feb 2016
2th -- rabu wage -- 15 Feb 2017
1000 -- Minggu kliwon -- 26 Nov 2017

@Fitzgerald Geert Everly Rorimpandey : Maaf, karna keterbatasan koneksi internet baru bisa balas sekarang. 1000 harinya jatuh pada hari Minggu Wage 25 Januari 2015

@devita fatikhasari : Maaf, karna keterbatasan koneksi internet baru bisa balas sekarang. 1000 harinya jatuh pada hari Jum'at Wage tanggal 19 Juni 2015

@agus budiono: 1000 harinya jatuh pada hari Selasa Pahing 24 November 2015

guntur aga mengatakan... Balas Komentar

Halo mas.. mau tanya nih.. bapak saya meninggal pada 29 September 2013 (Minggu Pahing).. nyuwun tulung dihitungkan 2 tahunnya.. maturnuwun mas..

edi mengatakan... Balas Komentar

bapak saya meninggal pada tanggal 27 maret 2013. mnt tlg d itungkan selamatanny kpn aja mas. terimakasih

sukma foto mengatakan... Balas Komentar

Kakak sy meninggal sabtu pon bakda mulud. Bulan apa (dlm kalender islam) 1000 hari?? Klo harinya sdh ketemu kamis pahing. Tlg ya mas... maksh

sukma foto mengatakan... Balas Komentar

Kakak sy meninggal sabtu pon bakda mulud. Bulan apa (dlm kalender islam) 1000 hari?? Klo harinya sdh ketemu kamis pahing. Tlg ya mas... maksh

ali arifin mengatakan... Balas Komentar

Tolong hitungkan om, ibu saya meninggal tanggal 3 agustus 2013, 1000 harinya kapan? Maturnuwun

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@guntur aga:
2 tahunnya jatuh pada tanggal 7 September 2015

@edi:
Yang belum telat tinggal 1000 harinya, jatuh pada hari Senin Wage, 21 Desember 2015

@sukma foto:
Tahunnya (dalam kalender Islam) berapa?

@ali arifin:
100o harinya jatuh pada hari Kamis Pon, 28 April 2016

Maaf baru bisa online...

cipta swasono mengatakan... Balas Komentar

Om minta tolong hitungin 40 harinya ibu saya, meninggal tgl 26 september 2015,40 harinya tgl berapa om.. Mksh om

akudantulisanku mengatakan... Balas Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
akudantulisanku mengatakan... Balas Komentar

Tolong dihitungkan peringatan 100 hari,mendhak 1,mendhak 2 dan 1000 hari bapak saya yg meninggal pada tgl 2 Nov 2015 jam 19.34.terimakasih

Arjunoko Wibowo mengatakan... Balas Komentar

MAS AKU MINTA TOLONG BAPAK SAYA MENINGGAL TANGGAL 13 DESEMBER 2015 JAM 10, TOLONG DIHITUNGKAN 40 HARI, 100, MENDHAK 1, MENDHAK 2, 1000 HARI,TERIMAKASIH

hadi maryono mengatakan... Balas Komentar

Ms tolong hitngkn 1000 hr bpk . Saya,meninggal tgl 2 Mei 2013
Hr kemis Legi ltrmksih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@cipta swasono:
Maaf gak bisa bantu menghitungkan 40 hari meninggalnya ibu panjenengan (sudah terlewatkan), karna baru mendapat koneksi internet hari ini

@akudantulisanku:
Bapak panjenengan meninggal tanggal 2 November 2015 malam, masuk Selasa Legi
- 100 hari = Rabu Kliwon 10 Februari 2016
- 1 tahun = Jum'at Wage 21 Oktober 2016
- 2 tahun = Rabu Wage 11 Oktober 2017

@Arjunoko Wibowo:
Bapak panjenengan meninggal tanggal 13 Desember 2015 pagi, masuk Minggu Legi
- 40 hari = Kamis Kliwon 21 Januari 2016
- 100 hari = Senin Kliwon 21 Maret 2016
- 1 tahun = Rabu Wage 30 November 2016
- 2 tahun = Senin Wage 20 November 2017
- 1000 hari = Jum'at Kliwon 7 September 2018

@hadi maryono:
1000 hari bapak panjenengan jatuh pada hari Selasa Kliwon 26 Januari 2016

kamil mengatakan... Balas Komentar

Mas mohon bantuannya utk menghitung pasaran Almh anak saya yg meninggal tgl 19 Februari 2015. saya butuh buat selamatan 1 tahun dan 1000 harinya. terimakasih.

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@kamil:
19 Februari 2015 sebelum maghrib jatuh pada hari Kamis Wage
1 tahunnya = Minggu Pahing 7 Februari 2016
1000 harinya = Selasa Pon 14 November 2017

19 Februari 2015 setelah maghrib jatuh pada hari Jum'at Kliwon
1 tahunnya = Senin Pon 8 Februari 2016
1000 harinya = Rabu Wage 15 November 2017

Irfan mengatakan... Balas Komentar

Mas, mohon bantuannya..
Mama saya meninggal tgl 26-Okt-2015 hari senin Pon.. Mohon dihitungkan 100 hari, mendak pisan, mendak pindo n 1000 harinya Mas jatuh ditanggal brp n bulan apa.. Terima kasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Irfan :
Meninggal Senin Pon 26 Oktober 2015
- 100 hari = Selasa Paing, 2 Februari 2016
- 1 tahun = Kamis Legi, 13 Oktober 2016
- 2 tahun = Selasa Legi, 3 Oktober 2016
- 1000 hari = Sabtu Paing, 21 Juli 2018

Dani Risjiantoro mengatakan... Balas Komentar

mas minta tolong sampean hitungkan mendak 1,2 sama 1000 harinya kakak saya,meninggal 17 maret 2015 jam 14.00 selasa kliwon...trims

CONTOH DRAMA mengatakan... Balas Komentar

Mas... minta tolong dihitungkan 100 hari, dst. Untuk bapak saya yg meninggal 11 november 2015 jam 09.45 wib. Trimakasih.

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Dani Risjiantoro:
Mendak 1 = Jum'at Pon 12 Maret 2016
Mendak 2 = Rabu Pon 22 Pebruari 2017
1000 hari = Minggu Wage 10 Desember 2017

@CONTOH DRAMA:
100 hari = Kamis Pon 18 Pebruari 2016
1 th = Sabtu Paing 29 Oktober 2016
2 th = Kamis Paing 19 Oktober 2017
1000 hari = Senin Pon 6 Agustus 2018

Ummi hasanah mengatakan... Balas Komentar

Mas minta tolong dihitungkan 1000 hari mama saya meninggal tanggal 14 Mei 2013 pukul 8 malam...terima kasih...

Dasimin Raharjo mengatakan... Balas Komentar

maaf mas,untuk yang mendak pindho:apa gak keliru?rumusnya rosarpat ko penjelasanya hari kesatu pasaran ketiga?klo penjelasannya begitu rumusnya jadi jisarlu

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Ummi hasanah :
1000 harinya jatuh pada hari Senin Pon, 8 Februari 2016

@Dasimin Raharjo :
Rumus untuk mendhak pindho :

Hari = 1+1=2 (loro). Misal meninggal Senin, mendhak pindhonya jatuh pada hari Selasa.

Pasaran = 1+3=4 (papat). Misal meninggal Wage, mendhak pindhonya jatuh pada pasaran Pahing.

Jadi yang ada pada rumus juga termasuk hari awalnya, bukan hanya hari penambahannya saja. Rumus rosarpat didapat dari hasil penjumlahan hari awal dan hari tambahannya.

Tapi kalaupun mau menggunakan jisarlu karena hari awalnya tidak ikut / mengambil hari tambahannya saja juga boleh. Monggo mana yang lebih mudah diingat.

Anonim mengatakan... Balas Komentar

tolong hitungkan hari kematian suamiku selamatan 1th,2th dan 1000 harinya,,,,, meningggal tgl 17 mei 2015 minggu legi kira2 meninggalnya subuh krn jam 4an aku tau posisi tidur sama sampai pagi ketika aku menemukan dia meninggal.

Unknown mengatakan... Balas Komentar

Mohon maaf mas mau tanya kalau nenek saya meninggalnya tgl 19maret 2015 jm 14.00wib..mendak pisan nya tgl brp ya mas??makasih

Yessy Tafia 241010 mengatakan... Balas Komentar

Mohon maaf mas mau tanya kalau nenek saya meninggalnya tgl 19maret 2015 jm 14.00wib..mendak pisan nya tgl brp ya mas??makasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Anonim :
Tanggal meninggal suami 17 Mei 2015, Minggu Legi
1 th : Rabu Wage, 4 Mei 2016
2 th : Senin Wage, 24 April 2017
1000 hari : Jum'at Kliwon, 9 Februari 2018

@Unknown :
Tanggal meninggal nenek 19 Maret 2015, Kamis Pahing
1 th : Minggu Kliwon, 6 Maret 2016

Yessy Tafia 241010 mengatakan... Balas Komentar

Maaf mas saya mau tanya lagi kalau kakek saya meninggalnya tgl 4 september 2014 hari kemis legi jam 03.00wib mendak pindo nya kapan ya mas??trimakasih

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Yessy Tafia 241010 :
Kakek meninggal hari Kamis Legi, 4 September 2014
Mendak Pindhonya jatuh pada hari Jum'at Wage, 12 Agustus 2016

Naksya Mf mengatakan... Balas Komentar

Maaf mas kalu ibu saya meninggal tanggal 26 januari 2016 selasa kliwon jam 02.30,,,tolong hitungin ya mas mulai dari 7-1000 harinya

Smp HARAPAN LOSARANG mengatakan... Balas Komentar

MAS,,MINTA Aplikasinya..
yang diatas ga bisa diunduh.

mintogrosir mengatakan... Balas Komentar

Mas emak saya meninggal hari rabo wage jam 05 00 tgl 14 agustus 2013 kalau 1000 hari nya kapan matur suwon sanget mas

Unknown mengatakan... Balas Komentar

Kalau meninggal pada tanggal 19 april 2016 pada pukul 13.30 wib tlg dihitungin 7 hari sampai dgn 1000 harinya dong mas, terima kasih........

Budi Setyo Adi mengatakan... Balas Komentar

Mas tlng hitungin pendak 1, pendak 2, 1000 hari ya utk wafat tgl 4 agustus 2014 trims bantuannya ya mas.

Budi Setyo Adi mengatakan... Balas Komentar

Apa benar pendak 2 itu 2 tahun dicari pasaran geblaknya trims

Anton David mengatakan... Balas Komentar

Mas minta tlng ngeh,, tlng hitungi 1000 hari nya almarhum ibuk saya, karna saya bingung mau menghitungnya kpn jatuh tangal nya ibu aku meningal pada tgl 7 januari 2014 hari selasa legi jam 2 siang, makasih masss, di tunggu bls an nya

pras mengatakan... Balas Komentar

mksh mas infonya, ini yg aku cari, dlu pernah di kasih ma org tua tpi dah lupa

pras mengatakan... Balas Komentar

mohon koreksi kalau salah.
meninggal selasa legi 7 januari 2014
1000 hari;
selasa+5= minggu
legi+4= kliwon
tanggal 7-5=2
bulan januari+9=oktober
jadi untuk 1000 harinya jatuh pada minggu kliwon tanggal 2 oktober 2016

naura syifa mengatakan... Balas Komentar

Mas tolong hitungin selametannya simbah saya yang meninggal pada hari senin tanggal 11 juli 2016 pukul 23:15 wib. Kpn7 harinya,40harinya,100harinya,1thn,2thn,1000harinya.sampai selesai.mksh sblmnya

Tinok Pribadi mengatakan... Balas Komentar

Kakak sy meninggal 16/Juli 2016 j 22.30 mint tlg perhitungan samp 1000 HR.mksh

Tinok Pribadi mengatakan... Balas Komentar

Kakak sy meninggal 16/Juli 2016 j 22.30 mint tlg perhitungan samp 1000 HR.mksh

Alfian Dwi Fatchuroni mengatakan... Balas Komentar

mau tanya mas, kalo meninggalnya hari kamis legi, tgl masehi 28 Nov 2013. 1000 harinya kpn ya. cuma mau mastiin.

natalie meilany mengatakan... Balas Komentar

Mas klu tgl peringatannya pas hari kerja, tp kita ngadain selametannya di hari sabtu atau minggu boleh gak sih?

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Allahu akbar

trisna arlinangkung mengatakan... Balas Komentar

Ms,nyuwun tulung,bpkku mninggal 2 agustus 2016 jam 1 pagi. Tlung dihitungksn mlai dri 40hri-1000hri..,mturnuwun sanget...

Eko Yulianti mengatakan... Balas Komentar

Ms to long hitunggin 1000 hri meninggl nya ne2k sya....
Yg meninggl tnggl 07 febuari 2013

Eko Yulianti mengatakan... Balas Komentar

Ms to long hitunggin 1000 hri meninggl nya ne2k sya....
Yg meninggl tnggl 07 febuari 2013

Eko Yulianti mengatakan... Balas Komentar

Ms tolong hitungin 1000 hri meningglnya ne2k saya....
Yg meninggl tnggl 07 febuari 2013...
Mkch....

Tom backs mengatakan... Balas Komentar

Mas bagus mohon bantuannya di hitungkan 1000 hari meninggal nya nenek saya tgl 21 desember 2013.makasih

Husen Garden mengatakan... Balas Komentar

Assalamualaikum wr..wb..maaf mau tanya,adik saya meninggal pada tanggal 8 november 2015 mendadak sepisan nya kapan ya..?

Unknown mengatakan... Balas Komentar

Mas sya mnta tolong itungin 100 hr nya ibu ku dong.. Bliau mninggal 06 juli 2016 abis mgrib.. Jd utk 100 hr dan Sterusny jlasin dong mas jtuh tgalnya.. Trimakasih

Masgiant mengatakan... Balas Komentar

Untuk hitungan 1000 hari pada tabel B-3 T-6 kenapa tidak B-3 T-6 biar hasil sama dengan T+9 T-5. Jadi yg benar menggunakan T-5 atau T-6? Terima kasih.

Indri Esta mengatakan... Balas Komentar

Mas mau tanya ibu saya meninggal tanggal 6 mei 2014 selasa kliwon seribu harinya kapan,terima kasih

Bambang Sriyadi mengatakan... Balas Komentar

Mas jika adik saya neninggalnya tanggal 31 Desember 2015, tanggal dan bulan berapa pendak pindo nya, baik di bulan masehi maupun bulan jawanya... Matur nuwun

Uchiha Ganesa mengatakan... Balas Komentar

Tgl 18 februari,kamis pon 2016 meninggalnya,1000 harinya kapan ?

Uchiha Ganesa mengatakan... Balas Komentar

Tlng mas mintak hitunganya trim

Gatot Bronto Wahyutomo mengatakan... Balas Komentar

Mas minta tolong dihitungkan 1000 hari ayah sy.
Meninggal jam 22.00 wib, 14 oktober 2014.
Terima kasih sebelumnya

Bagus Bagus Nur mengatakan... Balas Komentar

mas minta tolong ayah saya meninggal pd tgl13-okt.2o14 jam 22.15. ka[an pengetan 1000,harinya,? mohon dihitungkan,

takiem brow mengatakan... Balas Komentar

om minta tolong kalau meninggal tanggal 24 april 2014 jam 03.15 kalau 1000 harinya.,??? makasih

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Mau tanya dong untuk yg meninggal tgl 20 agustus thun 2014 1000 hari.y jatuh pada tgl bulan brpa ya??mohon dibles

Alya Lidya mengatakan... Balas Komentar

Klw meninggalnya senin 08.06.2016,kapan 3000 harinya ya?bisa kah bantuin saya,tolong bantuannya tgl berapa dan bulan berapa??

Alya Lidya mengatakan... Balas Komentar

5

Alya Lidya mengatakan... Balas Komentar

Klw meninggalnya senin 08.06.2016,kapan 3000 harinya ya?bisa kah bantuin saya,tolong bantuannya tgl berapa dan bulan berapa??

Anonim mengatakan... Balas Komentar

mz tlg dihitungkan pendak 1 ibu saya. geblake jumat pahing tgl 5agustus 2016 (selo)

Rio Putra mengatakan... Balas Komentar

Mas kalo meninggalnya 14 juni 2017 gmna? Tolong dihitungin mas..

Nimas Anindita mengatakan... Balas Komentar

Mas tolong hitungin kalau meninggalnya sabtu pahing, 9 September 2017. 40 harian, 100harian, 1th, 2th dan 1000hari tgl berapa ya mas? Suwun :)

Posting Komentar



 
Powered by Blogger