Cara Membuka File Super Hidden

Memang repot kalo file kita dibikin menjadi Super Hidden (biasanya) oleh virus. File jadi se-olah² ilang hingga menjadikan kita putus asa. Tapi tenang aja, hal itu bisa diatasi dengan mudah. Langsung aja masuk ke Windows Explorer. Klik menu Tools - Folder Option - View.


Perhatikan bagian yang diberi kotak warna merah pada gambar di bawah ini. Pilih "Show hidden files...", trus di bagian "Hide extension..." dan "Hide protected..." dihilangkan centannya.


Pada saat menghilangkan centang di bagian "Hide extension..." dan "Hide protected..." akan muncul konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini.


Klik YES aja. Trus klik OK. Selesai dech. File Super Hidden udah bisa muncul di Windows Explorer, tapi attributnya masih Super Hidden. Tanda²nya file akan terlihat samar di Windows Explorer. Untuk memastikannya cukup klik kanan file yang ingin dilihat attributnya, trus pilih properties. Seperti tampak pada gambar di bawah ini merupakan properties dari sebuah file Super Hidden.


Terlihat di bagian yang diberi kotak warna merah pada gambar di atas, atribut Hidden ga' bisa di-apa²-in. Biar atribut file menjadi seperti semula alias ga' jadi Super Hidden, caranya langsung masuk aja ke Command Prompt. Trus masuk ke Drive dimana terdapat file yang menjadi Superh Hidden.


Biasanya di awal masuk Command Prompt, kita dibawa ke Drive C (System). Pada contoh gambar di atas, aku pengen menghilangkan atribut Super Hidden pada file yang terdapat di Drive E. Setelah masuk ke Drive E tinggal ketik perintahnya. "attrib -s -h /s /d". Perintah tersebut digunakan untuk menghilangkan atribut Super Hidden pada semua file yang terdapat di dalam Drive E, kecuali Folder "System Volume Information".

Percaya ga' percaya (harus percaya) atribut Super Hidden yang tadinya melekat sekarang udah hilang. File yang tadinya terlihat samar di Windows Explorer, sekarang udah terlihat jelas dan properties nya menjadi tampak seperti pada gambar di bawah ini.


Selesai dech. Tapi cara ini (biasanya) efektif dilakukan pada komputer yang bersih dari virus. Kalo dilakukan di komputer yang terkena virus, langkah menampilkan file Super Hidden dari Windows Expolrer akan sia². Karna si virus akan mengubah pilihan dari "Show hidden..." ke "Do not show..." lagi setelah di klik OK. Sedangkan kalo pake Command Prompt, tingkat keberhasilannya 50:50, itupun kalo Command Prompt nya ga' di disable juga sama si virus.



Loading...

6 komentar :

ksatria_web mengatakan... Balas Komentar

betul mas,,,kadang gak bisa eee pke cmd...tapi buat cara yang pertama diatas saya baru tau,,,, cz biasanya saya pke registri buat nampilin semua yng super hidden,,,,
nice sharing...hehe

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@ Ksatria Web :

berdasarkan pengalaman, kalo pake cmd selalu berhasil kok (kecuali kompie nya dah keserang virus). Begitu juga dengan cara yang pertama, kalo kompie dah keserang virus pilihannya akan kembali ke pilihan semula setelah di klik OK.

Lintas Koran mengatakan... Balas Komentar

nice share gan

Thanks

best Movie mengatakan... Balas Komentar

mantap

Download Best Movie

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@Lintas Koran + best Movie : makasih atas kunjungannya :D

hary mengatakan... Balas Komentar

thanks infonya gan berkunjung balik

Posting Komentar



 
Powered by Blogger