Menentukan Data Terbesar / Terkecil Menggunakan Warna Di Excel


Pernah ada temen yang nanya, "Gimana sih caranya biar data terbesar / terkecil pada tabel di excel mudah dicari?". Awalnya sih bingung, bingung maksud pertanyaannya, bingung juga caranya. Wong aku belom pernah bikin yang gituan. Tanpa pikir panjang, mending aku tanya sama mbah google aja. Ketemu deh caranya.

Misal ada tabel dengan 4 kolom. Sebut aja No, A, B, C. Dan 6 baris.

  • Blok B2-D2

  • Klik Conditional Formatting (Tab Home) - Highlight Cell Rules - More Rules

  • Akan muncul jendela baru, New Formatting Rule. Pilih Format all cells based on their values pada kolom Select a Rule Type. Kemudian pada Format Style pilih 3-Color Scale. Tentukan warna untuk data terkecil, data terbesar, dan data yang besarnya berada diantara data terbesar dan data terkecil. Kemudian klik OK

  • Lakukan juga pada B3-D3, B4-D4, B5-D5. Bisa juga dengan cara men-drag baris B2-D2 ke bawah. Atau dengan di copy paste.

Selanjutnya tinggal masukkan datanya ke kolom yang udah di format tersebut. Misal data yang digunakan adalah angka 1-3. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.


Tampak pada gambar di atas, pada data terkecil (1) kolomnya berwarna merah, data terbesar (2) kolomnya berwarna hijau, dan data yang berada ditengah (2) kolomnya berwarna kuning.

Semoga bisa membantu dan selamat mencoba...



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger