IRC Untuk Pemula

APA ITU IRC?

IRC (Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet.

Sang pengguna (kamu misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan kamu dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.

Client-client yang direkomendasikan:
  1. UNIX/Shell : ircII
  2. Windows : mIRC or PIRCH
  3. Macintosh : Ircle
Harap kamu membaca dokumentasi-dokumentasi yang ada mengenai client kamu.

Sekalinya kamu berhubungan dengan salah satu IRC server dalam suatu IRC network, kamu dapat bergabung ("join") dengan salah satu "channel" dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di dalam channel tersebut. Di dalam EFnet ada lebih dari 12000 channel yang masing-masing memiliki keunikan dan topik tersendiri. Percakapan yang terjadi bisa merupakan percakapan umum ("public", di mana semua orang yang sedang berada di dalam channel tersebut dapat membacanya) atau pribadi ("private", antar dua orang yang bisa saja tidak di satu channel yang sama). IRC bukanlah suatu "permainan", dan aku sangat menganjurkan agar kamu saling menghormati satu dengan yang lain seperti halnya kamu bertemu muka dengan orang-orang tersebut (segala sesuatu dapat terjadi walaupun kamu tidak bertemu secara langsung).

LEBIH TERINCI

Nama-nama channel biasanya dimulai dengan tanda #, contohnya #bawel. kamu tidak perlu berada di satu server yang sama dengan kawan kamu untuk bergabung dengan suatu channel. Ada juga channel yang dimulai dengan tanda &. Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja. Jadi kamu harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel itu.

Masing-masing pemain memiliki "nick", seperti unyil atau PakOgah. Untuk menghindari pemakaian nick-nick yang sama, hendaknya kamu memilih suatu nick yang tidak umum dipakai orang ("Budi" adalah pilihan yang buruk karena banyak orang yang bernama Budi). Dalam beberapa nets, nick-nick tidak dapat dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, begitu pula halnya dengan nama-nama channel. Hal ini dapat menimbulkan konflik, jadi jika kamu benar-benar ingin "memiliki" suatu nama, kamu bisa menggunakan network yang menyediakan "service" untuk hal-hal seperti itu, misalnya Undernet, DALnet, atau network-network kecil yang lain.

Channel-channel dalam IRC dikelola oleh "channel operator", atau "ops" untuk singkatnya. Ops adalah orang-orang yang dapat "memilih" siapa saja yang bisa join channel tersebut (dengan mem-"ban" beberapa pemain), siapa saja yang harus pergi ("leave", dengan menggunakan "kick") dan bahkan siapa saja yang punya hak untuk berbicara (dengan membuat channel tersebut "moderated"). Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan kamu untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-"unban"). Jika mereka mengacuhkan kamu, pergilah ke channel lain dimana kamu diterima dengan hangat.

IRC server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops"). IRCops tidak turut campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".

BERBICARA DAN MEMASUKKAN PERINTAH

Perintah-perintah dan teks-teks diketikkan pada tempat yang sama. Perintah-perintah dalam IRC dimulai dengan tanda / (garis miring). Jika kamu memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Tetapi, sangatlah dianjurkan agar kamu mempelajari beberapa perintah-perintah dasar dalam IRC terlebih dahulu. Perhatikan spasi dan huruf besar saat kamu mengetikkan perintah-perintah tersebut. Semua perintah-perintah dasar dalam irc berlaku untuk semua client-client.

Beberapa contoh diberikan di bawah ini. Di sini, kita anggap bahwa nick kamu adalah "unyil", dan kamu berada di channel "#bawel".

Kawan kamu, "usro", berada di channel "#bawel" dengan kamu, dan kawan kamu yang lain, "ucrit", sedang berada dalam IRC tetapi tidak dalam channel yang sama dengan kamu, kamu dapat menggunakan contoh-contoh di bawah ini dengan mengganti nick dan/atau nama channel dengan nama-nama yang sebenarnya.

Apa yang kamu ketik Apa yang terjadi

/join #bawelKamu bergabung dengan channel bawel
/who #bawelMemberikan informasi pemain di channel bawel
@ = channel op, * = IRC op
halo semuaSemua pemain di #bawel akan melihat:
<unyil> halo semua
(Kamu ga' perlu mengetikkan nick kamu)
/me anak baikSemua pemain di #bawel akan melihat:
* unyil anak baik
/leave #bawelKamu meninggalkan channel bawel
/whois ucritKamu akan mendapatkan informasi tentang ucrit, atau nick apa saja yang kamu ketikkan
/whois unyilInformasi mengenai diri kamu (catatan: kamu pake nick unyil)
/nick NickBaruMengganti nick kamu menjadi "NickBaru"
/msg ucrit halo bosHanya ucrit yang bisa melihat kalimat kamu (Kamu ga'perlu berada di dalam channel yang sama dalam hal ini)
ucrit akan melihat: *unyil* halo bos
/ping #bawelMemberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara kamu dengan semua pemain yang ada di #bawel
/ping ucritMemberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara kamu dengan ucrit (seorang saja)
/dcc chat usroMengirimkan usro permintaan "dcc chat". usro harus mengetikkan /dcc chat unyil untuk menerima dcc chat tersebut (catatan: Kamu pake nick unyil). DCC Chat lebih cepat, bebas hambatan ("lag") dan bersifat lebih pribadi jika dibandingkan dengan /msg
/msg =usro main air yukSekalinya hubungan DCC Chat telah terjalin, kamu bisa pake perintah /msg =nick untuk berbincang-bincang (perhatikan tanda sama dengan [=] sebelum nick). DCC tidak melalui server, jadi tidak akan terpengaruh oleh hambatan-hambatan (lag) dari server, net split, dan lain-lain
usro akan melihat: =unyil= main air yuk
/helpPerintah ini biasanya dapat ditemukan hampir di setiap client. Cobalah.
/quit selamat malam!Kamu akan "quit" IRC, dengan meninggalkan pesan. Para pemain yang lain akan melihat: *** Signoff: unyil (selamat malam!) (catatan: kamu pake nick unyil)

CATATAN: Bila kamu tidak sedang berada di dalam suatu channel, kalimat yang dimulai dengan garis miring (/) tidak akan ber-efek apa-apa, dan beberapa perintah akan memberikan hasil yang lain atau tidak berfungsi sama sekali.

HARUS KEMANA?

Kamu dapat belajar banyak dengan bergabung pada channel-channel, mendengarkan dan berbicara langsung. Untuk mudahnya, kamu dapat bergabung dengan channel-channel seperti: #new2irc, #newuser, #newbies atau #chatback. Channel-channel yang lebih ramai antara lain: #chat dan #ircbar.

Jika kamu membutuhkan pertolongan lebih lanjut dengan mIRC, kamu dapat bergabung dengan #new2mirc atau #mirchelp. Untuk pertolongan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih umum, kamu dapat bergabung dengan #irchelp.

Channel-channel di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bila kamu ingin berbahasa Indonesia, kamu dapat bergabung dengan #bawel, #pondok, #indo, #puncak, dan masih banyak lagi.

Untuk membentuk channel kamu sendiri, misalnya dengan nama #NasiUduk (dengan catatan bahwa channel tersebut belum dibentuk oleh orang lain), kamu cukup mengetikkan /join #NasiUduk. Channel itu akan terbentuk dan kamu adalah sang channel-op.

SMILEYS DAN SINGKATAN

:-) adalah muka orang yang sedang tersenyum ("smiley"), miringkan kepala kamu ke kiri untuk dapat melihatnya. Sama halnya dengan, :-( adalah orang yang sedang sedih, ;-) adalah orang yang sedang mengedipkan mata, :~~( adalah orang yang sedang menangis, :-P adalah orang yang sedang menjulurkan lidahnya, :-P~~ adalah orang yang sedang "ngiler", dan (-: adalah untuk orang kidal yang sedang tersenyum, dan lain-lain. Ada beribu-ribu macam smiley serperti itu.

Berikut ini adalah singkatan-singkatan yang umum dipakai dalam IRC:

Singkatan
Singkatan dalam bahasa Inggris
Arti dalam bahasa Indonesia
brbbe right backsegera kembali
bblbe back laternanti akan kembali
npno problemga' apa-apa
lollaughing out loudtertawa terbahak-bahak
rehi again (re hi)Halo lagi!
wtfwhat the f***APA??
rotflrolling on the floor laughingtertawa terguling-guling
bbiafbe back in a flashkembali sebentar lagi
ttfnta ta for nowdadaagghh!!
imhoin my humble opinionmenurut pendapat saya
j/kjust kiddinghanya bercanda
wbwelcome backselamat datang
rtfmread the f***ing manualBACA PETUNJUK!!!
u1you firstkamu duluan
aslage sex locationmenanyakan umur, jenis kelamin, lokasi
plspleasekumohon

ANJURAN DALAM BER-IRC

Tatacara
Mengetikkan kalimat dalam huruf besar semua, SEPERTI INI, dianggap berteriak dan harus dihindari. Begitu juga kamu diharapkan untuk tidak mengulang-ulang kalimat yang sama terus menerus (kamu akan dianggap "flood" channel kamu). kamu diharap untuk menggunakan istilah-istilah yang benar, misalnya "channel", bukan "chat room", dan "nick", bukan "handle".

Bila kamu sedang berada di dalam sebuah channel, kamu diharapkan untuk mematuhi aturan yang diberlakukan oleh para channel op. Bila kamu melawan mereka, kamu dapat "dikeluarkan dengan paksa" (di-kick), dan bahkan di-"ban" (dilarang untuk bergabung lagi dengan channel yang bersangkutan). Disamping itu, ada juga beberapa channel op yang suka bermain kuasa, dan suka meng-"kick" dan mem-"ban" pemain-pemain lain tanpa alasan yang kuat. Bila hal itu terjadi pada kamu, atau ada orang yang mengganggu keberadaan kamu, tinggalkan channel itu dan join channel lain.

Diputuskan hubungan dengan /list?
Bila server kamu memutuskan hubungan ketika kamu menggunakan perintah /list, cobalah untuk menggunakan server lain. Daftar dari channel-channel yang ada dapat kamu temukan di: http://www.irchelp.org/irchelp/chanlist.

Gangguan dan Serangan
Bila seseorang mulai mengganggu kamu, tinggalkan channel itu atau gunakan perintah /ignore. Untuk detail-nya, para pengguna mIRC dapat melihat dokumen tentang "flood protection", para pengguna ircII dapat mengetikkan perintah /help ignore. Satu hal yang baik yang dapat diingat adalah untuk menjadikan "user mode" kamu menjadi +i (invisible) untuk menghindari gangguan-gangguan -- jika kamu "invisible", hanya pemain-pemain yang ada di dalam channel yang sama dengan kamu yang dapat mengetahui nick apa yang sedang kamu pakai saat itu.

Bila ada orang yang ingin dengan sengaja memutuskan hubungan server kamu, bacalah dokumen yang ada di "Denial of Service or "Nuke" Attacks". kamu dapat juga menyimpan percakapan-percakapan kamu (menyimpan log dan melaporkan serangan-serangan bila itu melanggar aturan main, yang dapat dilihat dengan mengetikkan /motd.

MASALAH-MASALAH SERVER

Pada saat ini, kamu sudah siap untuk ber-IRC. Secara umum, perintah-perintah yang diberikan di atas sudah cukup untuk pemula, tapi apa saja dapat terjadi di dalam ber-IRC.

Net Split
Network bisa terpisahkan (disebut dengan "netsplit"), sehingga kamu akan terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Split ini biasanya hanya sebentar, tetapi terkadang juga dapat memakan waktu sampai berhari-hari.

Lag
Gangguan yang paling umum adalah "lag", dimana terjadi semacam hambatan ("delay") antara waktu saat kamu mengetikkan suatu kalimat, dan waktu saat pemain lain membacanya. Memilih server yang dekat dengan kamu dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan menggunakan perintah /ping (lihat bagian perintah di atas). Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server kamu, dengan menggunakan perintah /server nama.server.di.sini.

Daftar Server
Di client-client pada umumnya, bila kamu mengetikkan /links akan memberikan daftar server-server yang ada di net kamu. Jangan menggunakan perintah ini secara berlebihan (paling banyak 2 kali berturut-turut), atau kamu akan dituduh untuk melakukan "link looking".

Ping? Pong!
Untuk para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status kamu artinya server kamu baru saja melakukan "ping" kepada client kamu dengan tujuan untuk melihat apakan kamu masih berhubungan dengan server, dan kamu secara otomatis menjawab dengan "pong". Tidak perlu dikhawatirkan.

Sekali lagi, DCC Chat
Perintah DCC Chat dapat digunakan untuk menjalin hubungan langsung dengan satu orang yang bebas lag dan tidak akan diputuskan oleh netsplit. Periksa dokumentasi kamu untuk hal ini. Pada client-client umum, kamu dapat menjalin hubungan dcc dengan mengetikkan perintah /dcc chat nick_kawan_kamu. Untuk berbicara dengan kawan kamu melalui hubungan itu, kamu dapat menggunakan perintah /msg =nick pesan_kamu_di_sini (perhatikan tkamu =). Di mIRC, kamu dapat melakukan DCC Chat dengan memilih DCC dan Chat dari menu yang sudah tersedia, lalu mengetikkan nick kawan kamu dengan siapa kamu ingin berbicara. Satu window akan disediakan untuk keperluan itu.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi #irchelp homepage. Di sana kamu dapat menemukan file-file seperti:

* IRC Primer (edisi bahasa Inggris)
* Kumpulan dokumen (edisi bahasa Inggris)
* IRC Tutorial (edisi bahasa Inggris)

Di website tersebut kamu juga akan menemukan informasi-informasi yang lebih mendalam untuk client-client, termasuk:

* ircII client dan ircII script (edisi bahasa Inggris)
* Mac client (edisi bahasa Inggris)
* mIRC client untuk Windows (edisi bahasa Inggris)

Ingin menggunakan client-client yang lain? Sumber tentang client-client yang paling banyak adalah di Undernet FTP Archive atau Undernet WWW Archive. Client-client tersebut dibagi-bagi dalam golongan-golongan seperti Windows, Macintosh, DOS, Amiga, Java, dan lain-lain.

mIRC juga menyediakan dokumen yang sangat bagus untuk dibaca (ditulis oleh Tjerk Vonck, mirc@dds.nl). Pilih Ircintro.hlp dari Help menu.

kamu juga dapat meminta informasi melalui ai-, client dari FreeSoft di EFnet. kamu cukup mengetikkan /msg ai- help untuk daftar-daftar pilihan yang ada.

PERINGATAN

IRC scripts adalah kumpulan perintah-perintah yang dapat dijalankan oleh client kamu. Sudah banyak script-script yang di-"hack", sehingga bila kamu menjalankannya, keamanan mesin/cient kamu dapat terancam (seseorang dapat mendapat akses ke dalam account kamu, menghapus semua dokumen kamu, membaca email kamu, dan lain-lain). Banyak juga pemain-pemain yang mencoba untuk mengirimkan virus dan hal-hal lain yang buruk. Seperti halnya di kehidupan kita sehari-hari, jangan menerima apapun dari orang yang tidak kamu kenal. Sudah banyak kejadian-kejadian yang buruk seperti yang disebut diatas. Jangan sekali-kali menjalankan suatu script/program kecuali kamu sendiri tahu apa yang akan terjadi kemudian, sekalipun kawan kamu sendiri yang memberikan program tersebut, karena kawan kamu belum tentu memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal yang "tersembunyi".

Automatic DCC Get adalah suatu hal yang tidak baik! Karena kamu bisa jatuh dalam bahaya mulai dari penolakan oleh server sampai pada memberikan orang lain kontrol atas komputer kamu. Sudah ada beberapa orang yang memiliki masalah yang cukup parah karena hal itu.

Kini setelah Anda membaca dokumen untuk pemula ini, selamat ber-IRC! Atau jika Anda ingin belajar lebih lanjut lagi, Anda dapat membaca dokumen-dokumen yang ada di #IRChelp homepage. Edisi bahasa Indonesia dapat ditemukan di PDI (Pertolongan Dengan IRC) homepage.


Sumber : http://www.irchelp.org/irchelp/misc/idnew2irc.html#talking



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger