Apa Sih Emansipasi Itu??

Apa itu emansipasi? Persamaan gender? Sepertinya bukan itu. Karna pada hakikatnya, pria dan wanita diciptakan berbeda. Apapun yang terjadi dan sampai kapanpun akan tetap akan berbeda. Sebagian orang menganggap emansipasi itu adalah persamaan gender, bahwa wanita boleh (kadang ada yang mengharuskan diri sendiri) mengerjakan apa yang dikerjakan pria.
"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita)" . (QS. An Nisa’: 34)

"Dan orang laki -laki tidaklah sama seperti orang perempuan". (QS. Al imron: 36)

..:: Suseno Wijaya
Emansipasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti pembebasan. Kata emansipasi biasanya muncul diantara kata penindasan dan penjajahan. Seperti pada jaman RA Kartini, sosok yang biasa kita sebut sebagai tokoh emansipasi. RA Kartini lahir dan besar pada saat Indonesia di jajah Belanda. Dimana ada peraturan yang mengekang dan melarang kaum perempuan untuk menuntut ilmu. Tentu saja peraturan tersebut akan membuat bodoh kaum perempuan. Nah dari situlah RA Kartini berjuang untuk membebaskan kaum wanita dari kebodohan.
emansipasi (eman.si.pa.si) /émansipasi/
nomina (n)
• pembebasan dr perbudakan; (nomina)

• persamaan hak dl berbagai aspek kehidupan masyarakat (spt persamaan hak kaum wanita dng kaum pria) (nomina)

..:: Kamus Besar
Jadi salah kaprah kalo emansipasi itu adalah kesetaraan gender. Salah satu akibat dari kesalahkaprahan tersebut ketika seorang istri ngotot ingin menjadi wanita karier dan (mungkin secara tak sengaja) mengabaikan kodratnya sebagai ibu rumah tangga.
“Hendaklah kaum wanita (wanita muslimah), tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkahlaku seperti orang –orang jahiliyah dahulu.” (QS. Al-Ahzab: 33)

"Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf (baik)". (QS. Al-Baqarah: 233)

..:: Suseno Wijaya
Satu hal yang harus direnungkan lagi adalah bahwa segala sesuatu yang diciptakan Tuhan ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Seperti halnya seorang wanita. Emansipasi adalah perjuangan memperoleh keadilan atau kesempatan yang sama bukan penuntutan persamaan gender. Karena sampai kapan pun, kodrat wanita tidak akan bisa jadi pria. Wanita tercipta dari tulang rusuk kiri yang dekat ke hati untuk dicintai, dekat ke tangan untuk dilindungi.
Bukan dari tulang ubun ia dicipta
Sebab berbahaya membiarkannya dalam sanjung dan puja
Tak juga dari tulang kaki
Karena nista menjadikannya diinjak dan diperbudak
Tetapi dari rusuk kiri
Dekat ke hati untuk dicintai
Dekat ke tangan untuk dilindungi

..:: OkeZone
Emansipasi yang terjadi pada saat RA Kartini adalah pembebasan dari kebodohan. RA Kartini memperjuangkan kaum wanita agar mendapat pendidikan seperti kaum pria pada saat itu. Tapi dengan kepintaran yang sama (mungkin lebih), wanita tidak harus bekerja di luar, seperti menjadi wanita karier. Sebagai contoh, seorang istri yang sarjana boleh saja tetap menjadi ibu rumah tangga yang baik. Dengan kepintarannya tersebut seorang istri akan lebih baik dalam memberikan pendidikan kepada anak²nya ketimbang seorang istri yang hanya berpendidikan SD atau bahkan gak sekolah, meski kepintaran tak selalu bisa diukur dengan title.
‘Jika Kartini sekarang masih hidup, dia pasti akan menyerang pengertian emansipasi yang ada seperti sekarang ini. Kartini akan menyerang kontes ratu-ratuan yang mengumbar aurat, Kartini akan menyerang keinginan perempuan untuk menjadi seperti pria yang sebenarnya berangkat dari perasaan rendah diri dan pengakuan jika pria lebih unggul, sebab menurut Kartini, perempuan dan laki-laki itu memiliki keunggulan dan juga kelemahannya masing-masing yang unik, sebab itu mereka memerlukan satu dengan yang lainnya, saling melengkapi‘

..:: Era Muslim
Kesimpulannya, emansipasi itu adalah sebuah perjuangan untuk mendapatkan kebebasan dalam memperoleh kesempatan yang sama. Terbatas hanya pada kesempatan karna diluar itu perlu juga memikirkan kodrat yang telah ditentukan oleh Allah. Dalam hal ini wanita. Wanita berhak memperoleh pendidikan yang sama untuk bisa meraih apa yang dicita citakan. Tapi tetaplah harus ingat bahwa kodrat wanita adalah menjadi istri yang berbakti kepada suaminya dan ibu yang baik untuk anak²nya. Kesempatan menjadi wanita karier memang terbuka lebar, tapi jangan sampai meninggalkan kodratnya sebagai wanita seutuhnya.

Raihlah apa yang menjadi hakmu, tapi jangan pernah tinggalkan apa yang menjadi kewajiban kodratimu.



Loading...

4 komentar :

bisnis online mengatakan... Balas Komentar

Menurut saya, emansipasi = mendengar isi hatinya dan tidak semena - mena terhadap wanita.

Zainal Abidin mengatakan... Balas Komentar

Setuju terutama bagi kaum ahslussunah waljamaah, emansipasi wanita yaitu menguus rumah tangganya dengan cara berada dirumah. bukanmengumbar aurat demi uang yang hakekatnya tidak berharga di aakhirat kelak.

CahNdeso mengatakan... Balas Komentar

Wow... blognya SEO friendly bener, Gan!!!
Menurutku, emansipasi wanita itu intinya:
wanita itu harus dieman-eman dikipasi.. gituuuuuu..!
Salam sahabat

Fuad Hasan mengatakan... Balas Komentar

salam kenal gan....

ditunggu kunjungan baliknya http://jurnalfuad.blogspot.com/

Poskan Komentar



 
Powered by Blogger