Cek Validasi IMEI Pada BlackBerry GSM

International Mobile Equipment Identity ato IME adalah adalah sebuah angka, biasanya unik, untuk mengidentifikasi GSM, WCDMA, dan iDEN ponsel, serta beberapa telepon satelit . Hal ini biasanya ditemukan pada stiker yang ditempel di bawah batre BlackBerry. Hal ini juga dapat ditampilkan pada layar telepon dengan memasukkan kode *#06# dari keypad pada BlackBerry.

IMEI yang valid kalo dijumlahkan hasilnya bisa dibagi 10. Perhitungannya menggunakan Algoritma Luhn. Contohnya pada IMEI 357437.04.814503.4


Jumlah IMEI di atas adalah 60, dan 60 bisa habis dibagi 10, berarti IMEI di atas bisa dikatakan valid. Valid di sini belom 100% valid, karna kamu juga bisa bikin IMEI sendiri dengan rumus tersebut. Contohnya bisa diliat di sini.

Nah untuk memastikan tingkat ke-valid-an IMEI yang terdapat di BlackBerry kamu, gini caranya :
  1. Masuk International Numbering Plans.
  2. Masukkin IMEI kamu di kolom yang udah disediakan lalu klik tombol "analyse".

  3. Hasilnya berupa produsen, tipe model, dan negara persetujuan.


Gambar di atas menunjukkan bahwa BlackBerry kamu memang bener² dikeluarin oleh perusahaan tersebut. Beda halnya dengan BlackBerry abal². Kenapa abal², karna ternyata IMEI bisa diubah ubah dengan mudahnya pake software. Penampakannya bisa kamu liat pada video di bawah ini.


Tapi untuk mendapatkan IMEI yang valid tentunya gak semudah yang ada dalam video di atas. Pasti ada trik nya. Karna kalo asal bikin IMEI, meski udah pake rumus Algoritma Luhn belom tentu IMEI tersebut valid. Karna saat di cek di International Numbering Plans hasilnya akan seperti tampak pada gambar di bawah ini.


Sebenernya cara ini berlaku untuk semua HP GSM, gak cuma BlackBerry aja sih. Tapi berhubung akhir² ini banyak broadcast tentang kualitas BlackBerry dan cara cek BlackBerry palsu ato asli pake digit ke-7 dan ke-8 IMEI jadi aku iseng aja nyari kebenarannya. Dan ternyata berita yang beredar hanyalah HOAX belaka. Karna IMEI itu adalah identitas / asal usul sebuah HP GSM, termasuk BlackBerry, bukan penentu palsu ato asli sebuah barang. Dan masalah kualitas bisa ditentukan pada saat penggunaannya. Belom tentu barang dari pabrikan terbaik tak mengalami kerusakan. Trus gimana kalo seandainya IMEI BlackBerry kamu gak valid? Buruan dijual aja sebelum kena suspend dan akhirnya gak bisa dipake.



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger