Membuat Anti Copy Paste Di Blogger

Tentunya sebel juga kalo postingan di blog kita di copas dengan seenak udel orang laen. Tanpa permisi, tanpa nyantumin sumber, tanpa trima kasih juga. Tapi tenang aja, semua bisa diatasi dengan beberapa langkah. Meskipun masih ada celah, minimal ada sedikit kesulitan yang mesti dihadapi oleh para tukang copas.
  1. Non aktifkan fungsi memblok tulisan. Biasanya para tukang copas akan memblok tulisan di blog yang akan di copas sebelum melakukan klik kanan - copy dan paste ke tempat laen. Nah kalo mereka gak bisa memblok tulisan dalam blog, mo ngopy apa mereka, spasi?
  2. Non aktifkan fungsi klik kanan. Biasanya ini dilakukan setelah para tukang kopas memblok isi blog yang mo di copas. Sekalipun langkah pertama bisa diakali, gimana mereka mo melakukan copas kalo gak bisa klik kanan dan pilih menu copy? Kebanyakan tukang copas itu pemula, yang pengen merasa wah dan kebanyakan juga mereka minim ilmunya. Kenapa dibilang minim, karna cuma copas, gak bisa bikin tulisan sendiri.
Biar gak bikin penasaran dan keliatan setengah² sharing ilmunya, monggo di simak langkah² dari kedua tips di atas. Yang pertama adalah langkah menonaktifkan fungsi memblok tulisan, ato istilah kerennya Disable Selection.
  1. Masuk ke bagian Template Editor.

  2. Pilih Edit HTML.

  3. Saat keluar tulisan bla bla bla, langsung aja klik tombol Lanjutkan.

  4. Centang option Expand Template Widget kemudian cari kode <head> dan taruh kode di bawah ini tepat di bawah kode <head>. Untuk memudahkan pencarian, gunakan perintah Ctrl+F kemudian ketik <head>.
    <SCRIPT type="text/javascript">
    if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
    document.onselectstart=new Function ("return false");
    }
    else{
    document.onmousedown=new Function ("return false");
    document.onmouseup=new Function ("return true");
    }
    </SCRIPT>

  5. Setelah selesai, klik tombol Simpan Template.

Sekarang isi blog kamu gak bisa di blok untuk di copas. Yakin aman? Gak juga sih. Ada baiknya cara kedua juga di terapin. Yaitu menonaktifkan / disable fungsi klik kanan mouse pada saat berada di halaman blog. Monggo disimak langkah²nya.
  1. Masuk ke bagian Tata Letak.


  2. Klik link Tambah Gadget.


  3. Pilih HTML / JavaScript.


  4. Masukkin kode di bawah ini pada kolom Konten dan biarkan judulnya kosong. Terakhir klik tombol Simpan.
    <SCRIPT language=JavaScript>
    var message = "
    No Right Click";
    function rtclickcheck(keyp){ if (navigator.appName == "Netscape" && keyp.which == 3){ alert(message); return false; }
    if (navigator.appVersion.indexOf("MSIE") != -1 && event.button == 2) { alert(message); return false; } }
    document.onmousedown = rtclickcheck;
    </SCRIPT>


  5. Selesai. Dan hasilnya, saat di lakukan klik kanan akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk mengganti pesan yang akan muncul saat pengunjung melakukan klik kanan pada halaman blog, ganti kalimat "No Right Click" dalam kode di atas dengan kata² kamu sendiri. Yang perlu diingat, gak ada kemanan di dunia ini yang bener² aman 100%. Semua pasti punya celah dan kemungkinan untuk dibobol. Sama halnya seperti tips di atas sebenernya masih bisa diakalin.
  • Disable Selection masih bisa diakalin dengan perintah Ctrl+A (Select All)
  • dan Disable klik kanan masih bisa dikalin dengan Ctrl+C (Copy)
Tapi ya seperti yang aku bilang di atas, rata² tukang copas itu ilmunya belom tinggi karna sering puas dengan ilmu yang sudah didapatnya. Kalo udah tau cara copas dengan menggunakan mouse, mereka jarang mencari tau gimana cara copas dengan keyboard. Setidaknya kalopun mereka tau cara copas pake keyboard, mereka akan sedikit kesulitan saat melakukan proses copas. Dan semuanya kembali lagi ke kamu, lebih tepatnya ke tujuan kamu menjadi blogger. Kalo aku sih, monggo aja sapa yang mo copas isi blog MustBhagoezt, dengan senang hati aku persilakan. Karna dari awal blog ini aku buat adalah untuk berbagi. Jadi selama isinya bermanfaat bagi orang laen dan ingin dimiliki orang laen, gak masalah buat aku.



Loading...

2 komentar :

Moriz AirWayChat mengatakan... Balas Komentar

hahaha manatap gan... :D

liya anggraini mengatakan... Balas Komentar

arghhhhhh kagak isaaaaaaa hiks hikssss,...settingan blog emang ikin pusing

Posting Komentar



 
Powered by Blogger