Cegah Insomnia Dengan Makanan dan Minuman

Insomnia adalah saat dimana seseorang susah untuk tidur. Faktor penyebab insomnia ada banyak, salah satunya adalah gaya hidup, termasuk pola makan sehari². 

Lalu makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari oleh penderita insomnia? Berikut ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi penderita insomnia sebelum tidur.
  1. Susu Sapi. Tryptophan dan kalsium pada segelas susu sapi segar selain membuat otot dan saraf menjadi lebih sehat, juga akan membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi stres. Dengan pikiran yang tenang dan berkurangnya stres, tidurpun pasti menjadi lebih nyenyak.
  2. Kacang²an, contohnya Almond. Vitamin B dan asam folat pada kacang²an akan membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Almond akan membuat tekanan darah menjadi normal, sehingga akan membantu penderita insomnia untuk lebih mudah tidur.
  3. Ikan, contohnya Salmon. Ikan Salmon mengandung DHA yang berfungsi meningkatkan hormon melatonin pada tubuh, yaitu hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak. Sebaiknya dikonsumsi dengan direbus ato dikukus agar kandungan gizinya gak hilang.
  4. Buah²an, contohnya Ceri dan Pisang. Kedua buah tersebut dipercaya banyak orang mampu mengatasi insomnia. Karna pada buah ceri mengandung zat melatonin yang dapat membantu mengedalikan siklus tidur di otak. Sedangkan buah pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan saraf lebih rileks, sehingga pikiran menjadi tenang.
Beberapa makanan dan minuman juga sebaiknya dihindari penderita insomnia, seperti :
  1. Kopi. Di dalam kopi terdapat kafein yang dapat membuat jantung berdebar dan tubuh menjadi terjaga.
  2. Es Krim. Es krim banyak mengandung lemak yang akan membuat tubuh menjadi bekerja keras untuk membakarnya, sehingga membuat susah untuk beristirahat.
  3. Coklat Hitam. Sama halnya dengan kopi, coklat hitam mengandung banyak kafein yang akan membuat jantung berdebar.
  4. Alkohol. Alkohol tidak mampu memberikan waktu istirahat yang tahan lama dan tidak membuat badan terasa segar saat terjaga, meski beberapa orang beranggapan sebaliknya. Jadi sebaiknya jauhi alkohol, terutama di malam hari.
Semoga tulisan di atas bisa sedikit membantu para penderita insomania. Ingat kata Bang Haji, begadang jangan begadang kalo tiada artinya.



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger