Pulsa BlackBerry Berkurang Tanpa Sebab

Pas lagi enak² Facebook-an ato Twitter-an tiba² muncul pemberitahuan akan mendapat gratisan 4MB setelah pemakaian pulsa sekian rupiah lagi. Sampai akhirnya ada pemberitahuan dapet gratis internet 4MB. Udah pasti tu pulsa kepotong gak jelas. Kenapa gak jelas? Lha wong untuk bisa Facebook-an ato Twitter-an di BlackBerry udah pasti harus terdaftar dalam paket dan harusnya kan gak berkurang lagi pulsanya saat dipake buat Facebook-an dan Twitter-an. Lha ini kok berkurang?

Gak mungkin banget sih sebenernya, pasti ada penyebabnya. Bukan tanpa alasan operator mengambil pulsa kamu. Tapi ya seperti itulah awalnya aku mengira. Mungkin kamu juga ngalamin hal yang sama. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut :
  1. Mungkin kamu ikut layanan sms premium, contohnya REG<spasi>KETAWA ato REG<spasi>NANGIS ato yang laennya.
  2. Mungkin ada beberapa program yang kamu install di BlackBerry kamu yang gak masuk dalam fasilitas paket yang kamu pake.
Beberapa orang ada yang ngeyel, loh aku kan udah pake full service? Jangan salah, beberapa layanan seperti Youtube, UberSocial dan Foursquare akan mengenakan biaya tambahan (motong pulsa reguler) untuk bisa diakses. Oke sekarang aku bahas satu per satu aja ya biar cepet kelar masalahnya.

Untuk permasalahan pertama, cek dulu apakah kamu terdaftar pada layanan sms premium apa gak.
  1. *726# untuk Indosat
    *321# untuk XL
    *111# atau *116# untuk telkomsel
  2. Untuk Indosat akan muncul pilihan STOP dan STATUS. Pilih STATUS dulu untuk memastikan.
  3. Tunggu beberapa saat dan kamu akan mendapat balasannya. Kalo emang gak terdaftar di layanan sms premium berarti bukan itu masalahnya.

Trus kalo bukan karna sms premium, apa dong penyebabnya? Oke lanjut ke jurus berikutnya. Matikan layanan gprs kamu.
  1. Untuk pelanggan Indosat ketik indosatgprs<spasi>off kirim ke 889 atau bisa juga dengan menghubungi CS masing² operator sesuai kartu yang dipake.
  2. Tunggu beberapa saat dan kamu akan mendapat sms balasan berisi pemberitahuan bahwa gprs kamu sudah non aktif.

Non aktifnya gprs gak akan mempengaruhi kualitas koneksi BlackBerry kamu buat Facebook-an ato Twitter-an. Hanya saja BlackBerry kamu gak bisa lagi dipake buat modem, pembelian aplikasi lewat appworld, maupun aplikasi non default BlackBerry.

Buat yang make aplikasi UberSocial dan sedang make paket BIS, bisa setting UberSocialnya melalui Network Option. Atur pilihan jaringannya menjadi BIS, jangan pake Auto Network.


Gimana sekarang, pulsa udah gak kepotong kan? Alhamdulillah deh kalo gitu. Ato masih ada yang kepotong? Nih buat yang masih kepotong pulsanya bisa pake jurus ketiga. Dengan menghapus WAP2 Transport [WPTCP], caranya :
  1. Masuk ke menu Option - Device - Advance System Setting


  2. Pilih TCP IP. Centang TCP IP Enabled dan masukin blackberry.net pada baris APN, lalu save


  3. Masih di Advace System Setting, pilih Service Book. Kemudian hapus WAP2 Transport [WPTCP]

  4. Masih di Advace System Setting, pilih Browser Push. Kemudian hapus hilangkan centang pada Enable WAP Puhs dan Allow WAP Push Applications

Kenapa WAP2 Transport [WPTCP] yang harus dihapus? Ni penjelasan dari Service Book selengkapnya bisa diliat di sini. Nah sekarang dijamin pulsa kamu gak kepotong dengan sendirinya, kecuali emang kamu pake.

*Cara di atas berhasil digunakan di Black Berry Curve 9300 dengan OS 6.0.0.668 (2949).



Loading...

1 komentar :

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Terimakasih mas informasinya sangat bermanfaat

Posting Komentar



 
Powered by Blogger