Server Not Found - Facebook

Apa yang ada di benak kita saat sebuah web tiba² gak bisa dibuka, sementara web laennya normal? Pasti kita menganggap bahwa web tersebut sedang down, mungkin karna maintenance. Tapi kalo kejadiannya sampe 4 hari dan terjadi pada web perusahaan besar seperti Facebook, apa yang bakal kita rasain. Penasaran tentunya, sementara kita gak merasa ngerubah settingan apa² pada PC / Leppie kita. Dan akhirnya tanya ke mbah google tentunya. Berharap si embah ngasih solusi atas permasalahan yang kita alamin.


Akhirnya dikasih banyak solusi sama si embah, dan setelah semua cara dari embah dicoba, akhirnya dapet juga cara yang tergolong paling ampuh dari banyak cara yang ada. Conto kasusnya pada saat cuma Facebook aja yang gak bisa dibuka. Pesan errornya "Server not found", dan saat tombol "Try again" di klik gak ada respon.
  1. Lewat Command Prompt. Command Prompt bisa dibuka dari Start Menu kemudian pilih menu Run (Win + R). Setelah terbuka jendela Run, ketik cmd kemudian Enter.
  2. Coba ping ke Facebook dulu dengan mengetikkan ping www.facebook.com [enter] pada Command Prompt.
  3. Jika gak ada reply, gunakan perintah ipconfig /flushdns [enter]. Kemudian lakukan ping lagi seperti langkah ke 2.


  4. Kalo reply, berarti Facebook udah bisa diakses lagi lewat PC / Leppie.
Kalo terjadi lagi, ulangi kembali langkah di atas. Tapi kalo ternyata gitu lagi, lagi, lagi dan lagi kan capek juga harus melakukan langkah² di atas secara ber-ulang². Buat yang merasa udah capek, bisa pake cara di bawah ini.
  1. Masuk ke Control Panel.
  2. Pilih Administrative Tools - Services




  3. Cari DNS Client.
  4. Pada kolom "Startup Type" pilih "Disabled" kemudian klik tombol "Stop" lalu di "OK"

  5. Lakukan "flush dns" untuk yang terakhir kalinya, ato restart PC / Leppie biar lebih afdol.
Nah dengan cara kedua, kalo terjadi "Server not found" lagi, tinggal klik tombol "Try again" aja. Hingga postingan ini dipublikasikan aku juga belom tau pasti penyebabnya. Hanya saja aku udah melaporkan hal tersebut ke pihak Facebook sambil berharap emang dari Facebooknya yang sedang ada masalah. Sebagai catatan, cara ini berhasil pas aku pake di Windows XP Professional SP3 dan kata mas joe sibarani juga berhasil di Windows 8. Belom coba untuk sistem operasi yang laen.



Loading...

2 komentar :

joe sibarani mengatakan... Balas Komentar

ampuh banget caranya sekali coba langsung jadi saya pake win 8 ... mungkin cara ini bisa digunakan pada windows lainnya juga ... thanks tipsnya gan

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@joe sibarani : makasih juga bro atas infonya kalo cara ini juga bisa dipake di win selain win xp :)

Posting Komentar



 
Powered by Blogger