Membuat Screen Saver Di Blogger

Screen saver merupakan program untuk mengosongkan layar komputer atau mengisinya dengan gambar bergerak ketika komputer (yang menyala) tidak digunakan dalam waktu tertentu. Awalnya digunakan untuk mencegah terbakarnya fosfor pada monitor CRT dan monitor komputer plasma. Seiring berkembangnya jaman, screen saver sekarang banyak digunakan sebagai hiburan, keamanan, atau menampilkan status sistem informasi. Bahkan saat ini bisa dipake pada sebuah blog / web.

Mungkin belom banyak yang tau kalo browsing internet itu ternyata mengkonsumsi banyak energi pada tingkat global. Dengan screen saver untuk blog / web ini, kita bisa mengurangi jumlah energi yang dipake untuk browsing internet. Screen saver secara otomatis mengaktifkan layar gelap ketika pengunjung blog / web kamu gak aktif, menggelapkan warna dan menyembunyikan animasi dan efek, sehingga monitor gak membuang energi terlalu banyak. Pada kebanyakan monitor, warna gelap membutuhkan energi lebih sedikit untuk menampilkan dibandingkan warna cerah.

Nah biar gak kelamaan, ini langkah² yang bisa kamu ikutin untuk masang screen saver di blog / web kamu :
  1. Masuk ke halaman Template kemudian klik Edit HTML


  2. Masukkin kode di bawah ini tepat di atas / sebelom tag </head>
    <script language='javascript' src='http://must-bhagoezt.googlecode.com/files/screensaverblog-mb.js' type='text/javascript'/>
  3. Biar gampang nyarinya, pake perintah CTRL + F lalu ketik </head> pada kolom pencarian dan Enter

  4. Kalo udah selesai, klik Simpan Template
Untuk menghindari crash / conflict dengan jquery laen dan gagalnya aplikasi, tambahkan kode (warna merah) sehingga kode komplitnya jadi seperti di bawah ini :
<script language='javascript' src='http://must-bhagoezt.googlecode.com/files/screensaverblog-mb.js' type='text/javascript'/><script>jQuery.noConflict();</script>
Kamu juga bisa mengatur waktu idle pengunjung sebelom screen saver muncul. Tambahkan sedikit kode (warna merah) sehingga kode komplitnya terlihat seperti di bawah ini :
<script language='javascript' src='http://must-bhagoezt.googlecode.com/files/screensaverblog-mb.js?time=70' type='text/javascript'/>
Gak cuma itu kostumasi yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa mengganti bahasa yang secara default nya berbahasa Inggris. Misal kamu pengen pake bahasa Indonesia, kode lengkapnya setelah ditambah dengan kode pengubahan bahasa (warna merah) akan tampak seperti di bawah ini :
<script language='javascript' src='http://must-bhagoezt.googlecode.com/files/screensaverblog-mb.js?lang=id' type='text/javascript'/>
Dan berikut ini kode beberapa bahasa yang bisa kamu pake :

ak- Akangr- Greeksl- Slovenian
da- Danishid- Indonesian se- Swedish
de- Germanjp- Japanesesk- Slovak
en- Englishit- Italiansw- Swahili
es- Spanishnl- Dutch tr- Turkish
fr- Frenchpl- Polish vi- Vietnamese
fi- Filipinopt- Portuguesehr- Croatian
bpt- Brazilian
Portuguese
ro- Romanian

Jadi mari kita hemat energi di bumi kita dengan membuat screen saver di blog kita. Meski dampaknya gak terlalu besar, setidaknya kita sudah berusaha menghemat energi untuk generasi mendatang.



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger