Font Hanacaraka dan Software Pembelajaran Aksara Jawa



Masih inget pelajaran SD dan SMP? Tepatnya muatan lokal untuk daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Ya... Bahasa Jawa. Beberapa murid kadang menganggap ini merupakan pelajaran yang membosankan, apalagi saat bagian nulis huruf Jawa. Aneh kan? Orang Jawa kok males belajar tentang kebudayaannya. Alesannya macem², ada yang bilang susah kalo harus nulis huruf yang teng clekunik. Ya sekedar untuk menyegarkan ingatan kita tentang pelajaran bahasa Jawa dan yang lebih penting untuk tetap melestarikan kebudayaan Jawa yang hampir tergeser oleh tulisan 4LL4y yang sebenernya lebih bikin pusing ketimbang huruf Jawa. Satu yang perlu diinget, sesulit apapun itu kalo kita punya niat untuk belajar pasti bisa.

Oke biar gak kelamaan, langsung aja kita mulai langkah²nya ya :
  1. Download dulu font nya di sini. File berekstensi rar yang di dalamnya terdapat 2 file berupa font dan tutorial pemakaiannya (cara penulisan).


  2. Setelah di download dan di extract, copy paste file font nya ke direktori font. Untuk OS Windows biasanya di C:\WINDOWS\Fonts.


  3. Saat di paste di direktori font biasanya langsung muncul proses instalasi font secara otomatis. Tunggu aja sampe selesai dan font siap dipake di program seperti MS Office, Corel Draw, Photoshop, dll.


Nah sedangkan untuk software pembelajarannya bisa di download di sini. software pembelajaran aksara Jawa yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta ini sangat mudah dipake dan sangat berguna sekali untuk seorang pemula. Untuk yang udah bisa tapi agak² lupa bisa dipake untuk me-refresh ingatan tentang aksara Jawa. Menu² yang adapun juga terbilang komplit untuk sebuah software pembelajaran.
  1. Konversi Latin-Jawa. Digunakan untuk mengkonversi tulisan dengan huruf Latin menjadi tulisan dengan huruf Jawa. Tinggal input tulisan berhuruf Latin di kolom bagian atas trus klik tombol Konversi di bagian pojok kanan atas, tulisan dengan huruf Jawa akan muncul di kolom bagian bawah.


  2. Konversi Latin-Jawa. Digunakan untuk mengkonversi tulisan dengan huruf Jawa  menjadi tulisan dengan huruf Latin. Tinggal input tulisan berhuruf Jawa di kolom bagian atas trus klik tombol Konversi di bagian pojok kanan atas, tulisan dengan huruf Latin akan muncul di kolom bagian bawah.


  3. Ada menu Pengenalan Aksara Jawanya juga lho. Tampilannya mirip kalkulator, jadi gampang banget dipakenya.


  4. Nah buat yang merasa udah gak perlu belajar, bisa langsung masuk ke menu Soal² Latihan. Soalnya pun ada tingkatannya, dari tingkat pemula, tingkat menengah, dan tingkat lanjut. Nah berapa tuh score yang bisa kamu dapet (tanpa nyontek tentunya).


  5. Udah gitu, soal²nya juga bisa di edit sesuai dengan keinginan kita.
Ya semoga aja para generasi muda sekarang ini lebih bersemangat dalam melestarikan kebudayaan Jawa seperti aksara Jawa, karna salah satu yang membuat Yogyakarta Istimewa karna terdapat kebudayaan yang salah satunya adalah aksara Jawa.

Makasih banyak kepada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta atas Software Pembelajaran Aksara Jawa. Makasih juga buat Pak Atang Basuki yang udah menurunkan ilmunya saat aku masih duduk di bangku SMP. Dan juga makasih untuk semua kalangan yang sudah mendukung aksara Jawa ini tetap ada dan diakui oleh dunia Internasional.



Loading...

0 komentar :

Posting Komentar



 
Powered by Blogger