Setting Laptop Sebagai Akses Poin

Ternyata laptop juga bisa dipake sebagai akses poin lho. Jadi kalo biasanya kamu pake laptop untuk menerima sinyal hotspot dari orang laen, sekarang kamu bisa pake laptop kamu untuk memberikan layanan hotspot ke orang laen. Lumayan kan, anggep aja kamu patungan sama temen kamu (misalnya) untuk beli konesi internet.

Nah biar laptop kamu bisa jadi akses poin / penyedia layanan hotspot, ini langkah²nya :
  1. Cek dulu apakah wireless kamu bisa dipake untuk akses poin apa gak. Buka Command Prompt dan ketikkan netsh wlan show drivers [enter]. Perhatikan bagian Hosted Network Supported, kalo Yes berarti laptop kamu bisa dipake sebagai akses poin. Kalo belom, ketikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow [enter], lalu cek lagi, kalo tetap gak bisa, berarti laptop kamu gak bisa dipake untuk akses poin. Kalo berhasil, lanjut ke langkah ke-2.

  2. Setting SSID dan password, ketikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=MustBhagoezt key=masbagus [enter]. Untuk SSID dan key bisa kamu ganti sesuai dengan keinginan kamu. Kalo terjadi error seperti pada gambar di bawah ini.


    Berarti kamu harus menjalankan Command Prompt sebagai Administrator. Klik kanan icon Command Prompt lalu pilih Run as administrator.


    Ulangi lagi langkah di atas dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

  3. Aktifkan wireless, ketikkan netsh wlan start hostednetwork [enter].

  4. Akan muncul sebuah Wireless baru dengan nama MustBhagoezt (sesuai SSID yang dimasukkin pada langkah ke-2), bisa dicek langsung pake perangkat lain.


    Sampai disini Wireless laptop kamu emang udah jadi akses poin, tapi orang lain belum bisa tersambung karna belom dapet IP secara otomatis sebelom internet kamu di share ke Wireless. Tampak pada gambar di bawah ini, pada bagian akses poin yang aku buat (bagian yang diberi kotak merah) Access type-nya masih No network access.

  5. Seperti gambar diatas, 3 adalah koneksi laptopku jaringan/modem agar bisa internet, dengan nama koneksinya Mobile Broadband Connetction 2. Sedangkan MustBhagoezt adalah wireless (akses poin) yang tadi dibuat dan belom bisa internet dengan nama koneksi Wireless Network Connection 2. Klik Change adapter settings untuk men-share koneksi.
  6. Klik Mobile Broadband Connetction 2 (sesuaikan dengan nama koneksi internet kamu), lalu klik kanan dan pilih Properties - pilih tab Sharing - centang kedua kotak yang ada - pilih nama koneksi wireless akses poin yang kamu buat (contoh punyaku Wireless Network Connection 2), dan klik tombol OK.


  7. Pengaturan selesai. Sekarang coba tes ulang koneksi ke wireless akses poin yang udah dibuat tadi pake perangkat laen dan pasti akan langsung mendapatkan IP serta langsung internetan.

  8. Untuk matiin Wireless akses poinnya ketikkkan netsh wlan stop hostednetwork [enter]di Command Prompt.

Praktik kali ini aku pake laptop Lenovo B490 dengan OS Win7 sebagai akses poin dan BlackBerry Torch 9810 untuk mengetes hasilnya. Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba.



Loading...

1 komentar :

Sadewa Mukti mengatakan... Balas Komentar

artikelnya sangat bermanfaat, menarik, dan mudah dipahami oleh saya gan. makasih gan artikelnya jika butuh domain hosting termurah kunjungi www.jualdomainhostingmurah.com

Posting Komentar



 
Powered by Blogger