Memaksa Tukang Copas Sertakan Link Sumber

Meski gak tertulis, tapi kegiatan nge-blog ternyata ada etikanya juga. Salah satunya masalah copy paste. Banyak blogger yang merasa gak dihargai saat tulisannya dicomot oleh tukang copas, apalagi tanpa permisi dan mencantumkan sumbernya. Gimana gak sebel, kita udah capek² nulis eee ada orang laen yang nyolong tulisan kita diem². Apalagi kalo tulisan kita yang dicolong digunain untuk nyari keuntungan si tukang copas tersebut.

Hingga pada akhirnya banyak blogger yang Membuat Anti Copy Paste di Blog mereka. Meskipun gak sepenuhnya aman dari tangan jahil si tukang copas, tapi sampe saat ini masih banyak blogger yang menggunakannya. Nah selain dengan Membuat Anti Copy Paste di Blog, ada alternatifnya juga ni. Dimana kita memaksa para tukang copas itu mencantumkan sumber nya di blog mereka. Dan cara ini berhasil mengelabuhi banyak tukang copas, terutama yang masih cupu.

Langkah² mudahnya bisa disimak di bawah ini :
  1. Masuk ke bagian Template.

  2. Klik tombol Edit HTML.

  3. Saat keluar tulisan bla bla bla, langsung aja klik tombol Lanjutkan.

  4. Centang opsi Expand Template Widget lalu copy paste script di bawah ini tepat di bawah code <head>. Untuk mempermudah pencarian, gunakan perintah Ctrl + F kemudian tulis <head>. Setelah selesai, klik tombol Simpan Template.
    <script type='text/javascript'>
    function addLink() {
     var body_element = document.getElementsByTagName(&#39;body&#39;)[0];
     var selection;
     selection = window.getSelection();
     var pagelink = &quot;<br/><br/><i>Sumber : <a href='&quot;+document.location.href+&quot;'> MustBhagoezt</a></i>&quot;;
     var copytext = selection + pagelink;
     var newdiv = document.createElement(&#39;div&#39;);
     body_element.appendChild(newdiv);
     newdiv.innerHTML = copytext;
     selection.selectAllChildren(newdiv);
     window.setTimeout(function() {
      body_element.removeChild(newdiv);
     },0);
    }document.oncopy = addLink;
    </script>
  5. Selesai. Dan hasilnya akan tampak seperti ini jika postingan kamu dicopas ke blog orang laen. Kalo link sumbernya di klik, pengunjung akan dibawa ke halaman sumbernya.

Copy paste boleh aja, selama mencantumkan sumber aslinya. Hal itu merupakan cara untuk menghargai si penulis aslinya. Tapi lebih baek lagi kalo bisa bikin tulisan original dengan gaya bahasa sendiri. Jadilah diri sendiri agar orang lain merasa ikhlas saat menghargaimu.



Loading...

4 komentar :

Andy Kim mengatakan... Balas Komentar

mantap gan ....

http://skylandnet.blogspot.com/

andis pattinjo mengatakan... Balas Komentar

justru malah bersyukurlah bagi para blogger yang capek2 nulis lalu hasil tulisan.y di copas oleh orng lain... apalah artinya' ketika rasa capek itu tdk mnghasil kebanggaan tersendiri buat para penulis... karena' rasa capek menulis artikel lalu di copas oleh orng lai' itulah keuntangan buat para blogger... bangga dong jikalau hasil karya sendiri di posting oleh orng lai... jangan hanya berfikir negatif tntang para blogger copas' karena tanpa blogger copas' artikel kalian ngak ada pa2.y... lagian' tdk mnutup kemungkinan bahwa setiap artikel yg anda posting itu adalah tulisan anda sendiri... salam blogger pemula :) :) :)

MustBhagoezt mengatakan... Balas Komentar

@andis pattinjo : Di dunia ini banyak banget blogger. Tentunya tujuan mereka nge-blog pasti beda². Salah satu dari mereka adalah selain ingin tulisannya bermanfaat bagi orang laen juga ingin dihargai tulisannya.

Salah satu contohnya udah aku tulis di paragraf pertama. Misal kamu nulis sesuatu hasil rangkuman dari berbagai sumber (pasti susah banget kan ngerangkumnya) sehingga mudah dipahami. Lalu ada orang laen yang copas tulisan kamu (tulisan sama persis) tanpa ijin dan nyantumin sumbernya. Gak lama kemudian tulisan tersebut terkenal, hanya saja terkenalnya melalui blog copas, bukan dari blog kamu. Siapa yang dapet apresiasi? Udah pasti blog copas, bukan penulis aslinya kan? Dan ketika ada yang baca tulisan tersebut di blog kamu, pasti orang itu bakalan ngira kamu yang copas tulisan dari blog yang terkenal tadi. Sakit ati apa malah bangga kalo kaya gitu?

Tapi ya semua balik lagi ke tujuan nge-blog semula. Kalo kamu nge-blog cuma bertujuan untuk memberi manfaat orang laen tanpa pamrih ya gak masalah kalo tulisan kamu di "curi" orang laen. Karna semakin tersebar akan semakin banyak dibaca orang dan semakin banyak memberi manfaat ke orang laen :)

Aku sendiri nulis blog ini sebenernya cuma sebagai catetan ku sendiri, biar gak lupa. Kalo tulisanku bisa bermanfaat bagi orang laen ya Alhamdulillah, sukur² bisa menghasilkan duit hehe...

Salam blogger, semoga gak cepet bosen :)

Nurhayati Mualif mengatakan... Balas Komentar

bener banget nich.... sueeer

Posting Komentar



 
Powered by Blogger