Tips Membeli BlackBerry

Setiap orang bisa saja dengan mudah beli BlackBerry. Yang penting punya duit cukup, dateng ke konter HP, pilih model, bayar, dan bawa BlackBerry pulang, selesai. Kurang lebih kayak gitu kalo pengen praktis. Tinggal tunggu saat masalah datang menerpa BlackBerry kamu, bukannya do'ain yang enggak² lho. Lebih ke antisipasi aja sih. Bukannya lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi kalo obatnya susah. Ya untuk amannya kamu harus memperhatikan hal²sebagai berikut :
  1. Pastikan PIN dan ato IMEI aman, bukan kloningan. Pilihlah penjual yang berani bertanggung jawab saat anda bertanya : "PIN aman kan? IMEI aman kan? Kalo gak, tak kembaliin lho!" Cocokin PIN / IMEI yang ada di kardus dengan yang ada di casing (bawah batre). Jangan lupa secara software dengan mengetik alt + shift (aA) + H. Kalo cocok dan penjual berani jamin keamanan PIN / IMEI, belilah. Jika gak berani jamin, cari aja toko / konter laen. Karna cocok gak nya PIN / IMEI yang tertera di kardus, casing, dan software belom tentu menjamin keamanan PIN / IMEI dari bahaya kena suspend. Karna PIN / IMEI bisa diganti dengan sangat mudahnya. Buktinya ada di postinganku yang berjudul "Cek Validasi IMEI Pada BlackBerry GSM".
  2. Cek aksesorisnya, headset, charger, terutama batre. Karna kebanyakan kasus adalah batre diganti dengan batre laen yang kualitasnya (mungkin) gak lebih baik dari bawaannya. Cara paling gampang untuk ngecek baterai asli dari distributor atau sudah ditukar oleh penjual adalah dengan memperhatikan adanya sticker dari Distributor yang ditempel pada Baterai. Jika TAM ya stiker TAM, jika SS ya stiker SS, pokoknya stikernya harus sesuai dengan garansinya. Jika baterai gak ada sticker minta garansi baterai dari penjual jika penjual tidak mau menukarnya dengan baterai bersticker distributor.
  3. Cek apakah benar BlackBerry tersebut masih baru ato udah 2nd. Caranya? Bisa disimak pada postinganku yang berjudul "Beda BlackBerry Baru dan Bekas".
  4. Pilih Distributor resmi yang dipercaya. Pada umumnya hampir semua penjual BlackBerry menawarkan pilihan garansi : TAM, SS, Comtech/Trikomsel, Berryndo, Bless atau Garansi toko. Pilih mana yang terbaik? Menurutku yang terbaik adalah yang ngasih garansi sesuai/ mendekati standard RIM atau paling tidak pilih distributor yang tidak banyak mendapat komplain di surat kabar maupun di internet karena salah satu distributor resmi BlackBerry ditenggarai sering mendapat komplain dari user yang mengalami masalah pada BlackBerrynya tapi tidak menggubrisnya. Jangan sampe kamu kecewa berat karna ngalamin hal tersebut. Coba iseng² baca surat pembaca seperti yang ada di detik [dot] com.
  5. Coba tes semua fungsi unit BB yang akan kamu beli terutama seperti : charger, otomatis lampu keyboard nyala saat sensor cahaya di atas kanan layar ditutup, tes mic / speaker dengan bicara ditelpon/ menelpon, tes semua tombol keyboard, tes BB untuk foto, tes Handsfree,Bluetooth, dan Wi-Fi.
  6. Cek status BlackBerry, apakah sudah Unlocked ato masih Locked. Kalo masih Locked, maka kamu gak bisa langsung make BlackBerry kamu dengan kartu sembarangan. Dan untuk meng-unlock-nya butuh biaya tambahan. Kalo belom tau cara ngecek status BlackBerry unlocked ato locked, bisa baca postinganku yang berjudul "Perbedaan BlackBerry Unlocked dan Locked".
  7. Lihat Vendor ID untuk mengetahui dari operator atau distributor mana vendor berasal. Untuk melihat PIN, IMEI, dan ID Vendor tekan tombol keyboard BlackBerry secara bersamaan yaitu tombol : Alt + Shift (aA) + H maka akan terlihat PIN, IMEI , App. Version, Plattform dan ID Vendor.

    Vendor ID :
    186 Telkomsel
    240 Indosat
    308 XL Indonesia
    327 Axis
    352 3-Indonesia
    613 TAM

    Vendor lainnya bisa cek di postinganku yang berjudul "List Vendor ID BlackBerry". Pastikan vendornya dari vendor yang paling kamu percayai. Referensi baik apa gaknya tu vendor bisa kamu cek dengan cara seperti pada poin ke-4.
  8. Jangan lupa cari seri BlackBerry yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan asal cari yang mahal. Karna akan banyak fasilitas yang mubazir gak kepake. Coba lihat perbandingan antara BlackBerry seri satu dengan yang lainnya di sini.
  9. Kalo punya banyak waktu, bisa cek seluruh kondisi fisik dan fungsi BlackBerry dengan cara masuk ke menu Options - Device - Device and Status Information. Lalu ketik TEST, huruf besar semua. Jalankan semua test dengan mencentang semua pilihan yang ada.
Emang ribet sih, tapi kalo aku mending ribet di depan daripada ribet di belakang trus kecewa. Sebenernya ada juga cara praktis lainnya agar gak cemas dikemudian hari setelah beli BlackBerry, yaitu dengan beli BlackBerry dari operator ponsel yang bekerja sama dengan RIM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis atau Smart. Hanya saja biasanya gak bisa ditawar kalo belinya di operator ponsel. Tapi buat kamu yang suka nawar dan pengen beli BlackBerry di toko / konter HP, bisa pake tips di atas.



Loading...

3 komentar :

Obat Kuat Herbal Alami mengatakan... Balas Komentar

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan... Balas Komentar

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Anonim mengatakan... Balas Komentar

Garansi distributor resmi tdk mnjamin barang itu bagus ßřÖώ ingat smw yg smpurna itu buatan tuhan, hehehe , yg mnjamin barang itu bagus waktu lo beli cek dulu barangnya & tnya ke org trdkat gmna cara check ke aslian  tp jgn nanya ke tokonya ßřÖώ pasti dia bilang brng ini bagus so pasti jelas org dia pengen laku daganganya klo brg tuh bagus pasti waktu lo cek Ǥ‎​ªќ da kndala apapun tp klo udah lo bawa pulang lo ada komplain brg lo bermasalah pihak center garansi resmi menawarkan barang di ganti baru itu mustahil ßřÖώ klo emang Ÿ̲̣άά .... Pasti itu brang rekondisi wa tau dri pengalaman kakak wa yg dah pernah komplain brg dia d ganti baru tp kgak da yg bener bermasalah smw sampai jenuhnya dia di buang dah tuh  ke tempat sampah,.. tp klo waktu lo d toko brg bermasalah lgsug ja mnta uang kmbali penuh meskipun udah buka segel, bereskan lo Ǥ‎​ªќ rugi waktu & uang...

Posting Komentar



 
Powered by Blogger